PENGARUH IKLAN HARBOLNAS DAN BRAND EQUITY TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA SHOPEE

Nayu Maemunah, Irvan Yoga Pardistya

Abstract


Kemajuan teknologi yang terus berkembang menciptakan kebiasaan baru pada masyarakat untuk berbelanja online. Banyak e-commerce bermunculan menyediakan wadah untuk para konsumen memenuhi kebutuhan yang diperlukan. E-commerce juga menjadi salah satu alternatif untuk para konsumen yang ingin mencari kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya e-commerce maka konsumen semakin dimudahkan dalam hal berbelanja dan juga para konsumen tidak perlu membutuhkan waktu yang banyak dalam memilih barang serta banyak pilihan yang ditawarkan dalam e-commerce. Semakin hari semakin banyak e-commerce yang bermunculan dan bersaing satu sama lain menjadi kompetitor di tengah gaya hidup konsumen yang baru. Dari berbagai banyak e-commerce, salah satu e-commerce yang banyak diminati oleh konsumen yaitu Shopee. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh Iklan Harbolnas dan Brand Equity terhadap minat pembelian konsumen pada Shopee. Sebanyak 108 responden dijadikan sampel pada penelitian ini, instrumen yang digunakan ialah kuesioner, dengan menggunakan metode accidential samping. Data-data yang terdapat dalam penelitian ini telah memenuhi syarat pengujjan instrument. Teknik yang digunakan dalam pengujian menggunakan teknik regresi linier berganda, dimana hasil dalam pengujian memperlihatkan bahwa iklan harbolnas Shopee tidak memiliki pengaruh terhadap minat pembelian secara signifikan sedangkan brand equity memiliki pengaruh terhadap minat pembelian pada Shopee secara signifikan.


Keywords


manajemen pemasaran

Full Text:

PDF

References


Algustin, W., & M, Rindang. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Emina Pada Generasi Z. Jurnal Bisnis Ekonomi, Vol. 27. (1): 1-12

Burhanudin, R. (2017). Pengaruh Iklan Traveloka di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi di Indonesia). e-Proceeding of Management. Vol.4, No.2

Dimyati, M. (2018). Pendekatan Hayati Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan Yang Dinamis. Mitra Wacana Media.

Firdaus, Q., & Suhaeni, T. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli ( Studi Pada Konsumen Oronamin C di Kota Bandung). Jurnal Riste Bisnis dan Investasi, Vol. 6, No. 3

Irzandy, M, A, H., Suharyono., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Kartu Perdana Simpati Khusus Internet Di Grapari Telkomsel Cabang Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 51. No.1

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga

Kurniaputri, M, R., Usman, H. (2020). Brand Equity dan Labelisasi Halal dalam Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Produk Lifebuoy. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 6, No. 3

Limartha, M., & Erdiansyah, E. (2018). Pengaruh Brand Equity dan Product Knowledge Terhadap Minat Beli Konsumen Komunitas Hello Beauty Jakarta pada Produk Wardah. Prologia, Vol. 2, No. 2

Putra, A. (2017). Pengaruh Iklan dan Kepercayaan Publik Terhadap Mina Beli Konsumen (Studi Pada Texas Chicken Pekanbaru). JOM FISIP, Vol. 4, No.1

Rido, F., AS, F., & Purnamawati. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Memilih Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening, Vol. 13. No. 1

Setiawaty, N, A. (2017). Pengaruh Iklan Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series (Study Kasus Mahasiswa/I Umiverditas Gunadarma Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(1)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, J, J. (2019). Pengaruh Ekuitas merek terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh minat beli pada smartphone merek samsung (Studi pada mahasisswa di universitas brawijawa malang). Vol. 7, No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v6i2.1058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.