ANALISIS JENIS TRAUMA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PETER KARYA RISA SARASWATI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

Muhammad Haris, Iis Suwartini

Abstract


Psikologi merupakan salah satu hal yang sensitif bagi manusia, terkhusus bagi seorang anak. Karena pada usia dia perkembangan psikologi seorang anak sangatlah perlu diperhatikan, terutama oleh orang tua. Ada beberapa faktor yang dapat membuat psikologi seorang anak bermasalah, anatara lain faktor keluarga, seklah, lingkungan bermain, dll. Hal yang paling mudah membuat psikologi anak bermasalah adalah karena adanya hal yang tidak menyenangkan, sehingga anak mengalami sebuah trauma.Dalam penelitian ini peneliti membahas terkait jenis trauma tokoh utama dan novel Peter karya Risa Saraswati sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, metode yang digunakan adalah analisis ini yang digunakan dalam menelaah suatu karya sastra.Karya sastra yang dianalisis dalam penelitian ini adalah novel Peter karya Risa Saraswati.Dimana menurut peneliti dalam novel tersebut ada beberapa hal yang membuat tokoh Peter mangalami sebuah trauma.

Keywords


trauma; novel; bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Al-Ma’arif, Ali Imron. 2009. Stilistika: Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Surakarta: Cakra Books Solo. Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka. Kemendikbud. 2016. KBBI. https://kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses pada tanggal 30 Juli 2019

Mendatu, Achmanto. 2010. Pemulihan Trauma. Yogyakarta: Jalasutra.

Mihardja, Ratih. 2012. Buku Pintar: Sastra Indonesia. Jakarta: PT Niaga Swadaya.

Minderop, Albertine. 2013. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Rahmanto, B. 1988.Metode Pengajaran Sastra. Bandung: PT Manale Penghibur. Sherlivonia, Favridilla Putri .2018. Trauma Tokoh Arima Kousei dalam Komik Shigatsuwa Kimino Uso Karya Naoshi Arakawa; Tinjauan Psikologi Sastra. Diploma Thesis, Padang: Universitas Andalas.

Suaka, I Nyoman. 2014. Analisis Sastra: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v4i2.683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing