PROBLEMATIKA GURU PENGGANTI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN UPAYA UNTUK MENGATASINYA DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM MOJOREJO WATES BLITAR

Dian Wahidatun Ni'mah

Abstract


Beberapa sekolahan menugaskan pembelajaran Bahasa Indonesia kepada guru yang tidak berlatar belakang Pendidikan Bahasa Indonesia. Akibatnya, guru tersebut mengalami permasalahan dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan (1) problematika yang dihadapi guru pengganti dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di MA Nurul Islam Mojorejo Wates Blitar; (2) upaya guru pengganti untuk mengatasi masalah dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di MA Nurul Islam Mojorejo Wates Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuaitatif. Data diperoleh dari dua guru pengganti yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Data tersebut dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pemeriksanaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru pengganti memiliki problematika pada saat: 1. Perencanaan pembelajaran; 2. Pelaksanaan pembelajaran  3. Evaluasi pembelajaran; 4. Upaya pihak madrasah: a. mengikutsertakan guru pengganti dalam kegiatan MGMP; b. memberikan arahan atau saran untuk melanjutkan pendidikan tingkat lanjut; c. mencari guru yang lulusan dari jurusan Bahasa Indonesia.


Keywords


Problematika, Guru pengganti, bahasa Indonesia, Profesional

Full Text:

PDF

References


Barnawi dan M. Arifin. 2015. Microteaching. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Damir, Julianti. 2016. Problematika Pembalajaran Sastra Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 4 Mallusetasi Kabupaten Barru. Daring. http://eprints.unm.ac.id/6166/pdf diakses 4 Desember 2018 pukul 14:50 WIB.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryono, Resmaningrum Yuni. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4 Kalasan. Daring. http://eprints.uny.ac.id diakses 23 Desember 2018 pukul 10:05 WIB.

Jasmani dan Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Trobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2015. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Palupi, Dyah Tri. 2016. Cara Mudah Memahami Kurikulum. Surabaya: Jaring Pena (Jawa Pos Group).

Puspitadila, Yuentie Sova. 2012. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD dan Alternatif Pemecahannya. Daring. jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/download/406/331diakses 22 September 2018 pukul 10.25 WIB.

Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2017. Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Konsep Dasar). Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Wibowo, Catur Hari. 2015. Problematika Profesi Guru dan Solusinya Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Daring. ttp://eprints.iain-surakarta.ac.id.pdf diakses 22 September 2018 pukul 10.27 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v4i2.672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing