FUNGSI TUTURAN GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR DI SMK AL-FURQON DESA PALENGAAN DAYA KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN

Harsono Harsono

Abstract


Bagi guru dalam interaksi belaja rmengajar, bahasa berpengaruh terhadap tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi bahasa dari segi penutur dan untuk mengetahui bentuk fungsi yang terdapat dalam interaksi belajar mengajar di SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan data berup atuturan guru yang dikumpulkan melalui rekaman dan pencatatan kemudian dianalisis dengan identifikasi, klasifiksi, daninterpretasi. Fungsi tuturan guru sebagai fungsi instrumental berorientasi pada penutur yang berupa kalimat perintah dan permintaan untuk menggerakkan pendengar agar menyebabkan suatu peristiwa terjadi. Fungsi tuturan guru sebagai fungsi interaksional berupa sapaan, menanyakan kondisi atau kabar di awal pertemuan, dan pujian terhadap murid yang berprestasi. Fungsi tuturan guru sebagai fungsi heuristis berupa pertanyaan tentang materi yang dipelajari untuk menyelidiki pemahaman murid terhadap ilmu yang diperoleh.

Keywords


fungsi bahasa, interaksi belajar mengajar

Full Text:

PDF

References


Aslinda dan Syafyahya, Leni. 2010.PengantarSosiolinguistik. Bandung: RefikaAditama.

Chair, Abdul dan Agustina. 1995. Sosiolunguistik:perkenalan awal. Jakarta:Rineka Cipta.

Gorys , Keraf. 1993. Komposisi. Flores:Nusa Indah

Hasibuan, J.J, Dip. Ed dan Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, Abdus Syakur. 1992. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Moleing, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santosa Puji, (dkk). 2010. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sardiman A.M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar; Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, HendriGuntur. 1984. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v2i1.379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing