Refleksi Sosial dalam Novel Jarak Antarbintang karya Naimmah Nur Aini Serta Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra

Ade Putri Ardiyanti, Wika Soviana Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan interaksi sosial sebagai bentuk refleksi sosial apa saja yang ada dalam novel Jarak Antarbintang karya Naimmah Nur Aini, dan (2) menjelaskan relevansinya dalam pembelajaran sastra. Teknik baca catat dan studi pustaka adalah metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa refleksi sosial dalam lingkup organisasi, sosial masyarakat, keluarga, relasi romantik remaja, relasi pertemanan, dan psikososial remaja yang terdapat dalam novel. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai gambaran kehidupan remaja, lalu informasi-informasi penting dalam novel juga dapat menambah wawasan pembacanya, serta relevan dengan pembelajaran pada mata kuliah apresiasi sastra karena penelitian ini menjadi salah satu contoh konkret pengaplikasian dan eksplorasi dari apa yang terdapat pada sub-CPMK (capaian pembelajaran mata kuliah) apresiasi sastra. Adapun sub-CPMK yang dimaksud ialah 5.1. Memahami hakikat prosa fiksi, unsur-unsur prosa fiksi, dan jenis-jenis prosa fiksi, 5.2. Memahami pendekatan dalam apresiasi prosas fiksi, 6.3. Memahami hakikat novel, 6.4. Memahami apresiasi sastra.

Keywords


Novel, Pembelajaran sastra, Sosiologi Sastra, Swingewood

Full Text:

PDF

References


Advianturi, N., & Mulyawati, I. M. (2022). Refleksi sosial dalam naskah drama “Saijah dan Adinda” serta relevansinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(2), 390–405.

Ahmadi, A. (2017). Kajian sosiologi sastra dan nilai pendidikan dalam novel Sri Rinjani karya Eva Nourma serta relevansinya dalam pembelajaran sastra di SMA (Disertasi doktoral, Universitas Sebelas Maret).

Aini, N. N. (2018). Jarak Antarbintang. Bogor: Elex Media Komputindo.

Al Alim, S. I., Al-Ma’ruf, A. I., & Hasjim, N. (2025). Dimensi sosial dalam novel Dunia Samin karya Soesilo Toer dan relevansinya dalam pembelajaran sastra. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 7(1), 1–16.

Botifar, M., & Friantary, H. (2024). Refleksi ketidakadilan gender dalam novel Perempuan Berkalung Sorban: Perspektif gender dan feminisme. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 45–56.

Fahmy, Z., & Mawaddatunnisa, E. (2020). Interaksi Sosial pada Novel Negeri Lima Menari karya Ahmad Tohari. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2).

FAN, S. A. (2025). Refleksi sosial pada lirik lagu dalam album Perspektif Bodoh Vol. 2 karya Nosstress: Kajian sosiologi sastra (Disertasi doktoral, Universitas Negeri Jakarta).

Imani, J., & Al-Ma’ruf, A. I. (2018). Aspek sosial novel Amelia karya Tere Liye dan relevansinya sebagai materi bahan ajar bahasa Indonesia di sekolah menengah atas (Kajian sosiologi sastra). (Disertasi doktoral, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kamil, F. S. A., & Ali, M. (2022). Interaksi Sosial Tokoh Honami Penderita Sindrom Ovarium Polikistik dalam Novel Seibo. Mahadaya, 2(1).

Lubis, H. P. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro. J-CEKI: Jurnal Cendikia Ilmiah, 1(3).

Maghfiroh, D. L., & Mustofa, A. (2023). Refleksi sosial dan kontemplasi pendidikan karakter dalam novel Sampah di Laut, Meira karya Mawan Belgia. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 14(2), 86–103.

Nilawijaya, R., & Awalludin, A. (2021). Tinjauan Sosiologi Sastra dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. SILAMPARI BISA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(1).

Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak SD. Journal Of Innovation in Primary Education, 1(1).

Putri, G. P., & Rengganis, R. (2022). Refleksi Sosial Masyarakat Indonesia pada Mini Album Beberapa Orang Memaafkan Band Feast Perspektif Alan Swingewood. SAPALA, 9(1).

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik. Forum Ilmiah, 19.

Sartika, D. (2025). Relevansi kritik sosial dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi dengan pembelajaran sastra di SMA. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 15(1), 99–109.

Setyaningsih, E., Febriani, R. B., & Zuliyanti, Z. (2018). Apresiasi Sastra dalam pengajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(2), 141–151.

Setyaningsih, N. S., Febriani, M., & Zuliyanti. (2018). Persepsi Dosen dan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra Berperspektif Gender. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2).

Syukur, S. A. (2021). Kajian sosiologi sastra dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan pemanfaatannya sebagai video pembelajaran novel di SMA (Disertasi doktoral, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v10i1.2752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing