Prinsip Bahasa Simbolis Seni Ukir Jepara: Analisis Semiotik Makna dan Nilai Budaya Lokal untuk Pembelajaran Bahasa dan Budaya di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan kembali budaya lokal melalui kegiatan ekstrakulikuler untuk anak usia sekolah dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149-166.
Amanda, R., Widyaningrum, A., & Wakhyudin, H. (2019). Ekstrakurikuler seni tari sebagai upaya pelestarian budaya lokal di SD Negeri Sawah Besar 02. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(2), 105-111.
Aulia, A. N., Rahayu, T. H., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal: Menjaga Tradisi dan Membangun Masa Depan Masyarakat Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2035–2043. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.553
Habibuddin, H., Burhanuddin, B., & Apriana, D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelestarian Budaya Lokal sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Populika, 3(2), 157-172.
Indrahti, S. (2022). Dinamika dimensi budaya kerajinan ukir Jepara: Dari seni hias dinding Masjid Mantingan menuju pasar internasional. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(2), 179-188.
Jurusan, D., Rupa, S., & Pendidikan, M. (2014). Museum Sebagai Sumber Belajar Dalam Upaya Pelestarian Ukir Di Jepara : Sebuah Wacana. VIII(1), 55–62.
Karmadi, A. D., & Kartadarmadja, M. S. (1985). Sejarah perkembangan seni ukir di Jepara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional.
Mahfudlo, M., Sulton, S., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Seni Ukir Jepara Sebagai Upaya Kelestarian. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 238–244. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p238
Masabdi, H. H. A. (2023). Estetika Macan Kurung sebagai Sumber Potensi Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Pelestarian Seni Ukir di Jepara. Texture:Art and Culture Journal, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.33153/texture.v6i1.4597
Nazarudin, A., & Widiyono, A. (2023). Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Jepara Dalam Proses Pembentukan Profil Pelajar Pancasila P5 Di Kurikulum Merdeka SDN 01 Kendeng Sidialit. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 202. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.833
Prasiska, S. A., & Wati, R. (2024). Seni Ukir Jepara sebagai Bentuk Identitas Budaya. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 26(1), 42. https://doi.org/10.26623/jdsb.v26i1.9463
Rohmah, N. S., & Salam, R. (2022). Regenerasi Pengukir Muda Dalam Keberlanjutan Industri Seni Ukir Di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(2), 81–89.
Sari, N. F., Hilyana, F. S., & Fajrie, N. (2024). PENGARUH MEDIA FLASHCARD BERBASIS KEARIFAN LOKAL JEPARA DALAM PENINGKATAN KARAKTER SOSIAL BUDAYA SISWA KELAS 4 SD N 3 BANYUMANIS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 637-651.
Siti Mahrani Batubara. (2024). Peran Pendidikan Kebudayaan dalam Pelestarian Kearifan Lokal di Sekolah : Tinjauan Pustaka. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 3(1), 260–270. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v3i1.1208
Triwardani, R., & Rochayanti, C. (2014). Implementasi Kebijakan Desa Budaya Dalam Upaya Pelestarian Budaya Lokal. Reformasi, 4(2), 102–110. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/article/view/56/53
Wulandari, F. N., Fajrie, N., Najikhah, F., & Kudus, U. M. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN. 9(2), 211–222.
Yusron Al-Mufti, A., Rohman, F., Munir, A. A., Islam, U., Sunan, N., & Djati Bandung, G. (2023). Dinamika Sistem Pendidikan Seni Ukir Jepara. Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 2023.
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v10i1.2749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supported by:
Indexing