Analisis Struktur dan Nilai Moral dalam Cerita Rakyat Madura Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra Anak di Perguruan Tinggi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar, I. N. (2018). Konstruksi peta cerita rakyat Madura di pulau Madura
Busri, H. (2010). Simbol Budaya Madura dalam Cerita Rakyat Madura.
Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). Analisis cerita rakyat Miaduka ditinjau dari kajian sastra anak. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(3), 246-257.
Fajrideani, W., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Storytelling Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 3170-3187.
Gardner, H. (1983). "Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences." Journal of Educational Psychology, 5(4), 115-125.
Geertz, C. (1973). "The Interpretation of Cultures." Journal of Anthropological Research, 11(4), 10-25.
Imron, Z. (2000). Cerita rakyat dari Madura. Jakarta: Grasindo.
Ismayana, I., Setyawan, A., & Kusuma, E. R. (2024). Karakteristik cerita rakyat madura sebagai alternatif pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 8(1), 35-47.
Lizawati, L. (2018). Cerita rakyat sebagai sarana pendidikan karakter dalam membangun generasi literat. SeBaSa, 1(1), 19-26.
Markham, T. (2011). "Project-Based Learning: A Bridge Just Far Enough." Journal of Educational Research, 12(2), 55-67.
Nikolajeva, M., & Scott, C. (2000). "The Dynamics of Children's Literature." International Journal of Children's Literature, 8(3), 67-79.
Pratikno, A. S., Mardiyana, I. I., & Hidayati, G. M. (2024). Eksplorasi Madurese Rural Folklore di Kabupaten Sumenep Sebagai Preferensi Pendidik dalam Revitalisasi Sejarah Madura di Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(02), 78-99.
Putria, A., Riyanti, R., & Rosidah, S. Y. (2023). Mengenal Identitas Nasional Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa di Era 4.0. Advances In Social Humanities Research, 1(4), 220-224.
Rahman, D. M. (2022). Representasi Keselarasan Masyarakat Madura dalam Cerita Rakyat Madura: Kajian Antropologi Sastra. Arif: Jurnal Sastra dan Kearifan Lokal, 1(2), 189-206.
Sauri, S., & Purlilaiceu, P. (2019). Pelestarian Cerita Rakyat Kabupaten Pandeglang dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 31-40.
Setyawan, A., & Kusuma, E. R. (2024). Pemanfaatan Platform Noice Sebagai Sarana Mengembangkan Audiobook Cerita Rakyat Madura. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 24(1), 25-34.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Windyani, N. A., & Enri, U. (2024). Rancang Bangun Website Kisahloka: Platform Digital untuk Pelestarian Cerita Rakyat Indonesia. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1).
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v9i2.2514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supported by:
Indexing