KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Nindea Pinkan, Ari Kusmiatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan pembelajaran menulis teks anekdot siswa pada kelas yang menggunakan media film pendek dan yang tidak, (2) membuktikan keefektifan penggunaan media film pendek dalam pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMA. Desain  penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri atas 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 2 (kelas kontrol) dan kelas X IPA 4 (kelas eksperimen) yang ditentungan dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh dari tes pada saat pretest dan posttest. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks anekdot siswakelas kontrol dan kelas eksperimen; (2) pengunaan media film pendek dalam pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMA terbukti efektif.

Keywords


menulis, teks anekdot, media film pendek, siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Handayani, Muslih Aris. 2006. “Studi Peran Film dalam Dunia Pendidikan”. INSANIA, 02. XI, hlm.176-186.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Miyarso, Estu. 2011. “Peran Penting Sinematografi Dalam Pendidikan Pada Era Teknologi Informasi & Komunikasi”. Dinamika Pendidikan, 02. XVII, hlm. 102-114.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v5i1.1747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing