PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK THINK TALK WRITE (TTW) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WARU PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Evi Rufaidah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan Narasi dengan menggunakan teknik TTW siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015, (b) Mendeskripsikan respon siswa terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan Narasi dengan menggunakan Teknik TTW siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015, (c) dan mendeskripsikan hasil peningkatan menulis karangan narasi dengan menggunakan Teknik TTW siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian tindakan sebagai usaha untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Kegiatan setiap siklusnya meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik TTW dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I keaktifan siswa 40% (kategori kurang) dan pada siklus II keaktifan siswa 61% (kategori cukup). (2) Respon siswa XA SMA Negeri 1 Waru Pamekasan setelah mengikuti pelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan TTW termasuk respon positif sehingga efektif untuk digunakan. Hal ini dapat dilihat dari prosentase siklus I yang setuju bahwa TTW dapat memotivasi dalam belajar menulis karangan narasi sebanyak 45,15% (kategori kurang), pada siklus II  sebanyak 85,71% (kategori sangat baik). (3) Hasil Belajar siswa kelas XA SMA Negeri 1 Waru Pamekasan setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik TTW telah meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Hasil rata-rata siswa menulis karangan narasi pada siklus I adalah 72,38 (kategori cukup baik), pada siklus II meningkat menjadi 84,57 (kategori sangat baik).

Keywords


Keterampilan Menulis, Narasi, Think Talk Write

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu tindakan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Poerwadarminta, dkk. 1982. Pembelajaran kooperatif dan pendekatannya. Jakarta: UPI.

Sapani. 2007. Menulis. Jakarta: Karunia.

Semi, M Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yamin, Martinis dkk. 2009. Taktik pengembangan kemampuan individual siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Winaputra, Udinn. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.