PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI POKOK MAKNA DAN KETERKAITAN SIMBOL–SIMBOL SILA PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SDN LOMBANG DAJAH 02 BLEGA BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Zahlan Zahlan

Abstract


Selama ini  proses pembelajaran  PKn di kelas IV masih sering dijumpai adalah metode ceramah dan tanya jawab, dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang duduk. Hal tersebut tidak selamanya salah, hanya saja dalam beberapa hal siswa menjadi kurang aktif, diam, dengar, catat  hafal dan terkesan monoton. Dalam metode ini banyak siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar dengan ciri-ciri; kurang bahkan tidak mengajukan pertanyaan dari materi yang diajarkan, tidak memberikan jawaban atas pertanyaan guru, kurangnya perhatian murid terhadap materi yang dijelaskan guru, hal lainnya yaitu; siswa kurang antusias mengikuti pelajaran PKn, serta hasil pembelajaran Pkn lebih sering menekankan pada  aspek kognitif saja. Kondisi seperti itu tidak akan  meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran Pkn khususnya pada materi memahami makna dan keterkaitan simbol sila – sila Pancasila. Siswa masih banyak yang belum mengetahui makna dari setiap butir sila Pancasila serta keterkaitanya dengan simbol dari setiap sila – sila Pancasila. Padahal pendidikan Pancasila sudah diajarkan sejak masih di Sekolah Dasar, dan tentu saja siswa sudah bisa menghafal setiap butir sila Pancasila. Namun, masih ada saja beberapa siswa tertentu yang ternyata tidak hafal urutan – urutan, serta simbol – simbol dari setiap butir sila Pancasila tersebut padahal Pancasila memiliki lambang pada setiap silanya, dan juga memiliki makna dan nilai yang terkandung dalam setiap butir sila Pancasila. Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (ST) ini bertujuan memacu siswa untuk bekerjasama, saling membantu, serta aktif dalam pembelajaran Lemparan pertanyaan, serta semangat kebersamaan dan saling membantu dalam menguasai mata pelajaran PKn materi memahami makna dan keterkaitan simbol sila - sila Pancasila. Sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman  yang optimal terhadap mata pelajaran PKn materi makna dan keterkaitan simbol – simbol sila Pancasila.

Keywords


peningkatan hasil belajar, simbol sila pancasila, snowball throwing

Full Text:

PDF

References


Andayani dkk. 2012. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Darmodjo, Hendro. 2004. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitung, Departemen Pendidikan dan Nasional.

Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaran untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibidaiyah. Jakarta.

Depdikbud. 2008. Buku Pelajaran PKn Kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Lestari, Mikarsa Hera. dkk. 2005. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Nasution, Noehi. 1999. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka

Putra, Udin S. Winata. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Subroto, Trisno Hadi. 2005. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudjana, Nana. 1996. CBSA dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sumantri, Mulyani dkk. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Suprayekti, dkk. 2005. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Syamsudin, Abin dan Budiman Nandang. 2005. Profesi Keguruan 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Umaedi, Hadiyanto dan Siswantari.2010. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka

Wardani, I.G.A.K. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.