PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN SOAL OPEN-ENDED PADA MATERI SEGI EMPAT

Lili Supardi, Rohmah Indahwati, Ulfa Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran
brainstorming dengan soal open-ended dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
metode pembelajaran brainstorming dengan soal open-ended terhadap hasil belajar
siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 1 Proppo pada tanggal 26 maret sampai 4 april 2018 di kelas
VII D sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebanyak 25 siswa
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket
respon siswa dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil
analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) respon siswa dalam mengikuti
metode pembelajaran brainstorming dengan soal open ended dengan rata-rata
persentase respon siswa 60 % kategori dianggap positif; (2) ada pengaruh penerapan
metode pembelajaran brainstorming dengan soal open-ended terhadap hasil belajar
siswa yang menunjukkan bahwa pada distribusi t dengan taraf
signifikan adalah sedangkan .


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTERAKSI : Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.