PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI MADRASAH TSANAWIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat Pembelajaran Matematika Realistik yang baik untuk materi bangun ruang sisi datar dan untuk mengetahui keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa islami untuk mengajarkan bangun ruang sisi datar di MTs Al-Falah. Adapun Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa islami yang baik pada materi bangun ruang sisi datar. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: (a) rencana pembelajaran, (b) buku guru, (c) lembar kegiatan siswa, dan (d) tes hasil belajar valid, reliabel dan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa islami efektif untuk mengajarkan bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs. Hal ini ditunjukkan oleh: (a) aktifitas siswa: efektif, (b), kemampuan guru mengelola pembelajaran: baik (c) respon siswa terhadap pembelajaran: positif. dan (d) ketuntasan belajar secara klasikal: 90 % siswa tuntas belajar individual.
Keywords
Realistik, Islami
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 INTERAKSI Jurnal Kependidikan
ISSN: 1412-2952
INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:
Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index
Email: interaksi@unira.ac.id
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.