PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN DIRECT INSTRUCTION PADA BAHASAN TURUNAN FUNGSI SMA NEGERI I PADEMAWU

Mohammad Jufri

Abstract


Sejauh ini matematika selalu dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami sehingga kurang diminati oleh sebagian besar siswa yang akan menimbulkan rendahnya prestasi belajar. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang
sering digunakan di sekolah yang umumnya cenderung teoritik atau berpusat pada guru seperti Direct Instruction. Dimana pengetahuan yang diperoleh tergantung pada kemampuan guru dan pengetahuan tersebut mudah dilupakan. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan strategi/pendekatan lain yang dapat menimbulkan minat belajar siswa, khususnya pada pelajaran matematika seperti Reciprocal Teaching. dimana pengetahuan yang diperoleh lebih dipahami dan tahan lama.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pademawu dengan sampel sebanyak 70 siswa dari jumlah populasi 107 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster ramdom sampling dengan cara undian dan undian pertama terambil kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes dimana hasil tes tersebut kemudian dianalisis untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan Reciprocal Teaching dengan yang menggunakan Direct Instruction.
Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan pengolahan data. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan menggunakan analisis uji-t dengan dk = 68 dan taraf signifikan 5%, diperoleh ttabel = 1,997 serta thitung =3,309 atau thitung > ttabel. Maka hipotesis kerja (H1) diterima
dan hipotesis nol (H0) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajar menggunakan Reciprocal Teaching dengan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan Direct Instruction pada pokok bahasan turunan fungsi kelas XI SMAN 1 Pademawu Pamekasan Tahun Pelajaran 2011/2012.


Keywords


Reciprocal Teaching (pengajaran terbalik), Direct Intruction (pengajaran langsung)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 INTERAKSI : Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.