PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN RESITASI

Moh. Zayyadi

Abstract


Pelajaran matematika sangat erat hubungannya dengan konsep-konsep, kaidah-kaidah serta simbol-simbol yang mempunyai kesan sulit dan menakutkan bagi siswa. Dalam hal ini diperlukan sebuah sistem mengajar yang menekankan pada peran aktif siswa, yang salah satunya dengan metode penemuan terbimbing. Metode ini bertolak dari pandangan bahwa siswa sebagai subjek dan objek dalam belajar, mempunyai kemampuan dasar untuk berkembang secara optimal
sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.Pelajaran matematika sangat erat hubungannya dengan konsep-konsep, kaidah-kaidah serta simbol-simbol yang mempunyai kesan sulit dan menakutkan bagi siswa.Dalam hal ini diperlukan sebuah sistem mengajar yang menekankan pada peran aktif siswa, yang salah satunya dengan metode penemuan terbimbing.Metode ini bertolak dari pandangan bahwa siswa sebagai subjek dan objek dalam belajar, mempunyai kemampuan dasar untuk berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pemberian tugas dan resitasi. penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan komparatif sebab data yang diperoleh berupa angka-angka dari hasil tes dan dari hasil tes tersebut diteliti tentang perbandingannya. Dari hasil analisis diperoleh thitung > tkritik yaitu 6,96 > 2,02 dengan db = 46 dan taraf signifikan 5%, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja ( H1) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pemberian tugas dan resitasi pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII MTs Az - Zubair tahun pelajaran 2010/2011.


Keywords


Penemuan Terbimbing, Pemberian Tugas dan Resitasi

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2003. Strategi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Suryosubroto, B. 1997.Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. GramediaWidiasarana Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.