EVALUASI IMPLEMENTASI DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT X UNIT PEMBANGKITAN 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT X Unit Pembangkitan 1 dalam mendukung keberlanjutan jangka panjang, menganalisis pengungkapan CSR berdasarkan regulasi yang berlaku, serta menilai kesesuaian antara praktik CSR dan prinsip keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT X Unit Pembangkitan 1 telah menjalankan berbagai program CSR pada empat bidang utama: pendidikan, pemberdayaan UMK, pelestarian lingkungan, dan kesejahteraan sosial. Implementasi program berjalan konsisten, namun masih berfokus pada output jangka pendek dan belum sepenuhnya mengukur dampak berkelanjutan. Dari sisi pengungkapan, perusahaan telah memenuhi ketentuan regulatif, tetapi penyajiannya bersifat selektif, dengan penekanan pada program-program yang menunjang capaian PROPER Hijau. Ditemukan pula adanya kesenjangan antara implementasi dan pengungkapan CSR, yang disebabkan oleh terbatasnya kewenangan unit operasional dalam pengambilan keputusan CSR. Selain itu, PT X Unit Pembangkitan 1 terindikasi adanya praktik selective disclosure yang berfokus pada program PROPER Hijau.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alexander, T. A., Fahmi, F. F., & Triana, Y. T. (2021). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Swasta Kelapa Sawit Terhadap Masyarakat Berdasarkan Uu Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Fairness and Justice: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 19(2), 152-167. https://doi.org/10.32528/faj.v19i2.7419
Andrikopoulos, A., & Kriklani, N. (2013). Environmental disclosure and financial characteristics of the firm: The case of Denmark. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 20(1), 55–64. https://doi.org/10.1002/csr.1281
Anggraeni, D. Y., & Djakman, C. D. (2018). Pengujian terhadap kualitas pengungkapan CSR di Indonesia. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 2(1), 22-41. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i1.2457
Brammer, S., & Millington, A. (2003). The evolution of corporate charitable contributions in the UK between 1989 and 1999: industry structure and stakeholder influences. Business Ethics: A European Review, 12(3), 216–228. https://doi.org/10.1111/1467-8608.00321
Cowen, S. S., Ferreri, L. B., & Parker, L. D. (1987). The impact of corporate characteristics on social responsibility disclosure: A typology and frequency-based analysis. Accounting, Organizations and Society, 12(2), 111–122. https://doi.org/10.1016/0361-3682(87)90001-8
Deegan, C. M. (2019). Legitimacy theory: Despite its enduring popularity and contribution, time is right for a necessary makeover. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 32(8), 2307–2329. https://doi.org/10.1108/AAAJ-08-2018-3638
Dewi, G. K., Yani, I. F., Yohana, Y., Kalbuana, N., & Thoâ, M. (2021). Pengaruh GCG, Leverage, Pengungkapan CSR terhadap Performance Financial pada perbankan syariah di Indonesia dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1740-1751. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3600
Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational legitimacy: Social values and organizational behavior. Pacific Sociological Review, 18(1), 122–136. https://doi.org/10.2307/1388226
Elkington, J. (1997). Cannibals with forks: The triple bottom line of 21st century business. Oxford: Capstone.
Emerson, J. (2003). The blended value proposition: Integrating social and financial returns. California Management Review, 45(4), 35–51. https://doi.org/10.2307/41166187
Hidayati, N. N., & Murni, S. (2009). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap earnings response coefficient pada perusahaan high profile. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 1–18.
Naser, K., Al-Husaini, A., Al-Kwari, D., & Nuseibeh, R. (2006). Determinants of corporate social disclosure in developing countries: The case of Qatar. Advances in International Accounting, 19, 1–23. https://doi.org/10.1016/S0897-3660(06)19001-4
Naukoko, P. A., Sutrisno, T., Nurkholis, N., & Saraswati, E. (2023). Tata Kelola Perusahaan dan Kualitas Pengungkapan CSR. Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 476-486.
Oktavianawati, L., & Wahyuningrum, I. (2018). The Factors that Influence the Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR). Accounting Analysis Journal, 7(2), 119-126. https://doi.org/10.15294/aaj.v7i2.23738
Roberts, B., & Cohen, M. (2002). Enhancing sustainable development by triple value adding to the core business of government. Economic Development Quarterly, 16(2), 127–137. https://doi.org/10.1177/0891242402016002003
Rustiarini, N. W. (2011). Pengaruh struktur kepemilikan saham pada pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 6(1), 1-24.
Siltaloppi, J., Rajala, R., & Hietala, H. (2021). Integrating CSR with business strategy: A tension management perspective. Journal of Business Ethics, 174(3), 507–527. https://doi.org/10.1007/s10551-020-04603-4
Tilt, CA. 1994. The influence of external pressure groups on corporate social disclosure: some empirical evidence, Accounting, Auditing and Accountability Journal 7(4), 56–71. https://doi.org/10.1108/09513579410069849
Wood, D. J. (1991). Corporate social performance revisited. Academy of Management Review, 16(4), 691–718. https://doi.org/10.5465/amr.1991.4279616
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v10i2.2701
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing:
Member Of:
Reference Manager:
Published by Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aktiva/index
Email: jaa.unira@gmail.com
AKTIVA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









