APLIKASI INTEGRATED LEARNING "3D HUMAN ANATOMY" BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MAHASISWA MEDIS DAN KEDOKTERAN

Muhammad Firdaus, Anang Pramono, Shella Faradila

Abstract


Teknologi informasi untuk pendidikan seiring berjalannya waktu kian semakin canggih. Media pembelajaran anatomi manusia saat ini lebih banyak merambah pada teknologi 3 dimensi menggunakan media website. Materi-materi tentang ilmu anatomi manusia yang ada pada buku masih tetap di utamakan, tetapi untuk keefektifan pemahaman dan meningkatkan giat belajar, diperlukan pemanfaatan teknologi informasi tersebut. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran visualisasi 3 dimensi anatomi manusia khususnya pada organ hati, lambung, dan usus berbasis web. Pada aplikasi ini terdapat juga database untuk tempat penyimpanan materi, objek 3 dimensi, dan gambar-gambar jika diperlukan agar tidak lagi merubah script yang ada. File objek 3 dimensi yang sudah dibuat akan di konvert ke dalam bentuk html dengan menggunakan add-ons Blend4Web. Aplikasi ini menggunakan uji coba metode UEQ (User Experience Questionnaire) dengan jumlah 24 responden dengan nilai rata-rata minimal -1 dan maksimal 2.5. Dari 24 data tersebut mendapatkan hasil bahwa aplikasi ini memiliki nilai rata-rata daya tarik 1.74, kejelasan 1.64, efisiensi 1.48, ketepatan 1.35, stimulasi 1.7, dan kebaruan 1.9.

Kata kunci: Anatomi Manusia, Media Pembelajaran, Visualisasi 3 Dimensi


Full Text:

PDF

References


Sloane, Ethel. (2003). Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Jakarta: EGC.

Wahyuningsih, H, P, Yuni, K. (2017). Bahan Ajar Kebidanan Anatomi Fisiologi. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan.

Yusrizal et al, 2015, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Materi Memproduksi Pementasan Drama untuk Kelas XI SMA, Jurnal Edukasi Unej, II(1) : 19-25

Ratmawati, Irma. 2018, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Animasi 3D, S1 Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Pramono, Anang., Dwiky Martin., 2019, Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan, Jurnal Intensif, Vol. 3 No.1, Pebruary 2019

Waryanto, Nurhadi. 2008. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran. FMIP UNY.

W. Purnomo, W. Andreas. 2013. Teknik Animasi 2 Dimensi. Kementrian Pendidikan & Kebudayaan. PPPPTK BOE Malang.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta, edisi revisi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Al Hazmi, Azinuddin, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia 3D untuk Mata Kuliah Menggam,bar Teknik Bangunan, Skripsi Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v4i1.667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.