APLIKASI SIMULASI ALAT MUSIK GITAR BERBASIS MULTIMEDIA

David Arizal, Sandy Vikki Ariyanto

Abstract


ABSTRAK

 

Pengembangan sebuah media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi komputer multimedia sangat dibutuhkan.  Suatu sistem pengajaran melalui komputer biasa disebut CAI (Computer Assisted Instruction). Penggunaan komputer pada dunia pendidikan, berperan sebagai alat bantu siswa dalam belajar. Aritmatika adalah ilmu hitung dasar yang  merupakan bagian dasar dari matematika. Sempoa yang digunakan untuk belajar anak-anak menggunakan sistem 1-4. Sempoa sistem 1-4 dari Jepang memiliki keunggulan, yaitu dapat digunakan untuk berhitung di luar kepala (mencongak). Inti kerja sempoa adalah menaikkan dan menurunkan biji-bijinya dengan jari tangan secara nyata. Sedangkan Aritmatika sempoa adalah perhitungan yang dilakukan menggunakan alat bantu dengan metode sempoa. Agar dapat menguasai aritmatika sempoa diperlukan latihan terus-menerus dan teratur. Dengan menguasai sempoa anak akan terbiasa menghitung dengan cepat dan tepat.

Seiring dengan penelitian tentang perkembangan otak manusia, yaitu berhitung dengan menggunakan sempoa yang tadinya terikat dengan alat sempoa, ternyata dapat dipindahkan dalam bayangan otak manusia, sehingga dapat berhitung lebih cepat lagi serta membantu mengoptimalkan perkembangan fungsi otak kiri dan fungsi otak kanan manusia. Untuk tingkat pemula, diajarkan berhitung dengan menggunakan alat bantu sempoa. Tapi jika sudah mahir, tanpa menggunakan alat bantu tersebut, cukup dengan membayangkannya saja, seseorang dapat menjawab soal hitungan cepat dan akurat.  Dengan dilandasi hal di atas, Skripsi ini akan membuat sebuah tutorial tentang “Pengembangan perangkat lunak aritmatika dengan sempoa berbasis multimedia”. Melalui perangkat lunak yang dirancang menggunakan Flash Mx ini, diharapkan dapat memudahkan anak dalam mempelajari tentang cara berhitung menggunakan sempoa sehingga dapat meningkatkan semangat belajar anak, mengurangi rasa malas anak-anak dengan menggunakan alat bantu elektronik melainkan dengan cara manual sehingga dapat membantu mengasah dan menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri anak serta menimbulkan kreativitas dengan mempersingkat waktu dalam menghitung cepat. Selain itu juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran mandiri (self instructional) baik di kalangan pelajar maupun non-pelajar.  Dengan Macromedia Flash, sebuah aplikasi dapat dilengkapi dengan beberapa macam animasi, audio, interaktif anima, tampilan grafis yang indah dapat mengarahkan pengguna menjelajahi setiap aplikasi yang digunakan.

 

Kata kunci : Computer Assisted Instruction, aritmatika, sempoa, Macromedia flash mx, multimedia.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Apriyono, Deddi. 2010. sepanjang sejarah gitar. Form http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?p= 138934

Hidayat, Syarif. 2010. Pemanfaatan ICT untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran. Yogyakarta. Form http://www.klik-m.com/artikel/105-pemanfaatan-ict.3 Juni 2011.

L. E, Sumaryo. 1978. Komponis Pemain Musik dan Publik. PT. DUNIA PUSTAKA JAYA : Jakarta Pusat

Pramono, Andi. 2002. Berkreasi Animasi dengan Macromedia Flash MX. ANDI OFFSET : Yogyakarta

Pramono, Andi. 2005. Membuat Desain Situs Web dengan Macromedia MX 2004. ANDI OFFSET : Yogyakarta

Rochmad, Anto. 2007. Belajar Cepat Bermain Gitar. PD. NUSA JAYA : Sidoarjo

Sukohardi, Al. 1994. Teori Musik Umum. PML : Yogyakarta

Sutopo, Hadi, Ariesto. 2002. Animasi dengan Macromedia Flash berikut ActionScript. Salemba Infotek : Jakarta

Sutopo, Hadi, Ariesto. 2003. Multimedia Interaktif dengan flash. Graha Ilmu : Yogyakarta

Suyanto. M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Andi : Yogyakarta

Supriana, Dadang, M.Ed dan Mulyadi, Mochamad, ST, M.Ed. 2009. Konsep dasar desain pembelajaran. Pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik from http://www.tkplb.org/documents/etraining-media%20 pembelajaran/3.konsep_dasar_Desain_Pembelajaran.pdf. 3 Juni 2011.

Sutopo, Hadi. 2011. Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan. Tangerang. From http://xa.yimg.com/kq/groups/25207212/1380299729/name/multimediaPendidikan.pdf. 13 Juni 20011.

Wikipedia, ensiklopedia bebas. AdobePhotoshop. Form http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop. 28 Juni 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v7i1.1677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.