KOVENAN INTERNASIONAL HAK SIPIL POLITIK (KIHSP) DAN KOVENAN INTERNASIONAL HAK EKONOMI SOSIAL BUDAYA (KIHESB) KORELASINYA DENGAN MAQASHID AL-SYARI’AH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Syukron Mahbub

Abstract


Berangkat dari penjelasan bahwa Maqashid al-Syari’ah merupakan salah satu elemen penting dalan hukum Islam, maka dalam merumuskan bentuk relasi dengan KIHSP, KIHESB dalam hukum Ham, Maqashid al- Syari’ah mutlak diperlukan sebagai nilai dan metode. Hal ini dikarenakan oleh keberadaan Maqasid al- Syari’ah sebagai wadah kemaslahatan yang diakui oleh al-Syari’, atau kita kenal dengan istilah al-maslahah al-mu’tabarah. Sehingga diharapkan produk hukum yang dihasilkan dapat memenuhi dua kriteria pokok, sebagai mana dimaksudkan oleh Imam al-Syatibiy, yakni: (1) sejalan dengan kehendak al-Syari’; dan (2) membawa kemaslahatan pada manusia. Sementara itu muatan yang terdapat di dalam instrumen pokok, instrumen khusus dan instrumen tambahan Hak Asasi Manusia baik dalam KIHSP, KIHESB sebagian memang ada yang bertentangan dengan formulasi hukum Islam klasik yang menjadi karakter masyarakat arab masih nampak dalam sejumlah ketentuan hukum Islam, seperti di catat oleh An-Na’im, premis tersebut misalnya bisa saja dijumpai dalam kasus perbudakan dan deskriminasi berdasarkan agama dan gender.  Namun sebagian yang lain dari instrumen pokok HAM tersebut ketika dikaitkan dengan prinsip maqosid al-syariah demi untuk membawa kemaslahatan bagi segenap umat manusia berdasar lima prinsip tujuan syara’  maka bisa saling melengkapi dan saling menguatkan, oleh karena prinsip hukum Ham sama-sama ingin menjamin prinsip hak asasi manusia.

Keywords


Hak Asasi Manusia, Maqasid al-Syari’ah, Hukum Islam.

References


Ahmad Ibn Muhammad Al-Zarqa.’ 1989. Syarh Al-Qawaid Al-Fiqhiyyah. Damaskus: Dar Al-Qalam, cet:VIII.

Ahmad Al-Raisuniy. 1995. Nazariyatu Al-Maqashid Inda Al-Imamm Al-Syatibiy. Virginia: Al-Ma’had Al-Alamiy Li Al-Fikr Al Islamiy, Cet. IV.

Al-Zuhayli. 1991 al-Tafsir al-Munir Fial-Aqidah Wa al-Shari'ah Wa al-Minhaj, vol. 27, Beirut: Dar al-Fikr.

Abdullah Ahmed An-Na’im. 2004. Dekonstruksi Syari’ah, Yogyakarta, LKIS.

Abdurahman Wahid. 1999. Prisma Pemikiran Gusdur, Yogyakarta : LKIS.

An-na’im, Abdullah Ahmed. 1990. Toward An Islamic Reformation,Civil Liberties, Human Right And Internatioanal Law, New York, Syracuse University Press.

Eide, K. Krause, A. Rosas, (eds). 2001.Economic, Social And Cultural Right, Martinus Nijhoff, edisi II, Dordecht.

Bagir manan, Romli atmasasmita, (editor). 1997. Peradilan Anak di Indonesia, Bandung: Mandar Maju.

Baderin, Mashood, A., 2003. International Human Right And Islamic Law, Oxford, University Press.

Dewi hargianto. 2007. Aspek Aspek Perkembangan Anak. Surabaya: Biro Mental Spiritual PPT.

Gandik siswono. 2007. Kasus-Kasus Dan Penanganan Anak Korban Kekerasan. Surabaya: Biro Mintal Spiritual PPT.

Komaruddin Hidayat. 1996. Memahmi Bahasa Agama; Sebuah Kajian Hermeonitik, Jakarta : Paramadina.

Kovenan Hak-hak Sipil dan Politik, Sebuah Pengantar, disampaikan oleh Ifdhal Kasim, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia RI, Jakarta. Pelatihan Ham Dosen Hukum Ham Se Indonesia, Singgasana Hotel Surabaya, 10-13 Oktober 2011.

Knut d. Asphind, Suparman marzuki, Eko riadi,(editor). 2008. Hukum Hak Asasi Manusia, Pusham UII, Yogyakarta.

Kant, Immanuel. 1985. Critiquevof Practical Reason, New York: Macmillan Publishing Company.

Masdar farid Mas’udi. 1997.Islam dan Hak-Hak Reproduksi Perempuan: Dialog Fiqh Pemberdayaan, cet. II, Bandung; Mizan.

Mahmud Shaltut. 1996. Al –Islam Aqidah Wa Syari’ah, Mesir: Dar Al –Qalam.

Moh. Zahid. 2002. Sejarah Pemikiran Hukum Islam. STAIN Pmekasan.

Mustafa Sa’id Al-Khin. 1985. As’ar Al-Ikhtilaf Fi Al-Qawa’id Al-Ushuliyah Fi Ikhtilaf Al-Fuqaha’. Beirut: Muassasah Al-Risalah, cet, IV.

Mengenal dan memahami hak ekosob, Disampaikan Oleh Sri Palupi, Ketua Institute For Ecosoc Right, Pelatihan Ham Dosen Hukum Ham Se Indonesia, Singgasana Hotel Surabaya, 10-13 Oktober 2011.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Nashihul Ibad Elhas, Hukum Bisnis Syari’ah Dalam Bingkai Maqashid Al-Syari’ah, Jurnal Humanistika, Volume ix No. 2 Juli 2014, Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong.

Noeng Muhadjir. 1996. Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Rake Sarasin.

Rosalyn Higgins, “Derogations under Human Rights Treaties”, 1979, 48, British Yearbook of International Law.

R. Subakti, R. Tjitrosudibio. 1992. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Jakarta: Pradnya Paramitha.

Supriyanto abdi, Imran, Yahya Ahmad Zein, Mirza Alfath, Eko riyadi (Editor), Potret Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan Dan Perumahan Di Era Otonomi Daerah, Analisis Situasi Di Tiga Daerah. Pusham UII. Yogyakarta: Pusham UII.

Sahal Mahfudz. 2004. Ahkam Al-Fuqaha’ Fi Al-Muqarrarati Nahzatu Al- Ulama’ Surabaya: LTN NU Jawa Timur & Diantama.

Sri palupi, 2011, Ketua Institute For Ecosoc Rights, Mengenal Dan Memahami Hak Ekosob, Makalah Disampaikan Dalam Pelatihan Ham Dasar Dosen Hukum Ham Se-Indonesia Diselenggarakan Oleh Pusat Studi Hak Asasi Manusia (Pusham) Uii, Bekerja Sama Dengan Norwegian Centre For Human Rights, Tanggal, 10-13 Oktober 2011 Di Singgasana Hotel, Surabaya.

Soerjono Soekanto. 1986. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002, Tentang Perlindungan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, Jakarta ,2002.

Wahbah al-Zuhailiy. ,tt. Alfiqh Al-Islamiy Wa Adillatuh, Damaskus Dar-Al-Fikr,cet, IV.

Yudian Wahyudi. 2007. Ushul Fiqh Versus Hermeneutika, Memabaca Islam Dari Kanad Dan Amerika, Yogyakarta: Nawesea Press, cet,IV.


Full Text: PDF

DOI: 10.53712/yustitia.v20i2.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.