DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NO.2 TAHUN 2015 (Larangan Penggunaan Penangkapan Ikan Pukat Hela dan Pukat Tarik di Wilayah Perikanan Republik Indonesia)

Hasbullah Hasbullah

Abstract


Kementrian kelautan dan perikanan menerbitkan peraturan nomor 2/PERMEN-KP/2015, dimana cantrang merupakan salah satu alat tangkap yang dilarang. Pelarangan cantrang dilakukan karena pengoperasiannya mengancam ekosistem dan sumberdaya ikan. Di sisi lain, cantrang merupakan alat penangkapan ikan tradisional yang sebagian besar digunakan oleh nelayan Pantai selatan Pulau Jawa, sehingga pelarangan cantrang akan menimbulkan dampak bagi kehidupan nelayan. Dampak ekologis pelarangan cantrang akan menimbulkan dampak positif bagi kondisi lingkungan, namun kenyataan tersebut akan berbanding terbalik dengan dampak ekonomi dan sosial yang ditimbulkan. Pada aspek ekonomi, pelarangan cantrang akan memengaruhi tingkat pendapatan, jumlah hasil tangkapan, dan diferensiasi alat tangkap. Dampak sosial yang ditimbulkan pelarangan yaitu berubahnya hubungan sosial dalam kehidupan nelayan, tingkat kesejahteraan yang menurun, dan tingkat kemampuan nelayan untuk mengoperasikan alat tangkap selain cantrang.

Keywords


Dampak Implementasi, Kebijakan, Permen Kp No.2 Tahun 2015.

References


Dikdik M.Sodik, Hukum Laut Internasional Dan Pengaturannya Di Indonesia, PT. Refika Aditama, Bandung 2011

http://www.kompasiana.com/nawawimnoer/pengalihan-alat-tangkap-upaya-manifestasi-permen-kp-no-2-tahun-2015

http : prasko17 .blogspot.co.id/2012/07/data primer dan data sekunder,htm sthash.jm4wpvzi.dpuf

Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 1980 tentang Penghapusan Jaring Trawl

Pamekasan, Koran kabar. Com 2015

Pameksan, Kompas. Com 2015

Pamekasan, Surya. Com 2015

P.Joko Subagyo, Hukum Laut Indonesia, PT Rineka Cipta, Jakarta 2013

Peraturan Menteri Kelautan dan perikanan RI Nomor 2 Tahun 2015 Tentang larangan Penggunaan alat penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) dan Pukat Tarik (Seine nets)

Regional.kompas com/jelang.Kedatangan.Menteri.Susi.Nelayan.Pamekasan 2015

Suaramerdeka.com/nelayan-tolak-permen-kelautan no.2-2015


Full Text: PDF

DOI: 10.53712/yustitia.v20i1.564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.