POLITIK HUKUM DALAM PEMBANGUNAN HUKUM NASIONAL INDONESIA: ARAH DAN SUBSTANSINYA

Nadir, WinYuli Wardani

Abstract


Abstrak

 

Pembangunan hukum diarahkan untuk mewujudkan sistem hukum nasional yang mantap yang mampu berfungsi baik sebagai sarana untuk mewujudkan ketertiban dan kesejahteraan, maupun sebagai sarana untuk melakukan pembangunan. Di samping itu, juga diarahkan untuk pertumbuhan ekonomi, pembangunan hukum untuk terwujudnya sistem hukum nasional, pembangunan materi hukum untuk pembaruan produk hukum, pembangunan hukum untuk struktur penegak hukum, pembangunan hukum untuk penerapan dan penegakan hukum, pembangunan hukum untuk terwujudnya masyarakat sadar hukum, dan pembangunan hukum untuk penanggulangan penyalahgunaan wewenang aparatur Negara.

Keywords


Politik Hukum, Pembangunan, Hukum, Arah, Substansi.

References


Daftar Pustaka

Darmodiharjo, Darji dan Shidarta, 2006. Pokok-pokok Filsafat Hukum (Apa dan Bagaimana Filsafat Hukum Indonesia), Cet, VI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

D.S. Voll, Willy. (ed), Abdul latif. 2013. Dasar-dasar Ilmu Hukum Administrasi Negara. Jakarta: Sinar Grafika.

Hartono, C.F.G Sunaryati. 1991, Politik Hukum Menuju Satu Sistem Hukum Nasional. Bandung: Alimni.

Kusumaatmadja, Mochtar. 2006, Konsep-Konsep Hukum dalam Pembangunan, Bandung: Alumni.

Kusumah, Mulyana W. 1981. Hukum dan Asasi Manusia. Bandung: Alumni.

Muhtamar, Syafruddin. Relevansi Perencanaan Pembangunan Nasional Dengan Amanat Konstitusi (Studi Tentang Perbandingan Arah Kebijakan Pembangunan Hukum Dalam GBHN dan RPJPN), tanpa tahun.

Mendelson, Wallace. 1970. Law and the Development of Nations, The Journal of Politics vol. 32 1970

Ruslan, Achmad. 2011. Teori dan Panduan Praktik Pembentukan Peraturan Perundangundangan di Indonesia. Yogyakarta: Rangkang Education–PuKap Indonesia.

Rajagukguk, Erman.1997. Peranan Hukum Dalam Pembangunan Pada Era Globalisasi: Implikasinya Bagl Pendidikan Hukum di Indonesia. Materi Pidato pengukuhan diucapkan pada upacara penerimaan jabatan Guru Besar dalam bidang hukum pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta, 4 Januari 1997.

Rahardjo, Satjipto. 2008. Biarkan Hukum Mengalir. Jakarta: Kompas, 2008.

Shidarta, 2006. Karakteristik Penalaran Hukum Dalam Konteks Ke-Indonesiaan, CV Utomo, Jakarta.

Sulistyono, Adi. 2007. Pembangunan hukum ekonomi Untuk mendukung pencapaian Visi indonesia 2030, Pidato Pengukuhan Guru Besar Hukum Ekonomi Pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta tanggal 17 Nopember 2007

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang

Visi Dan Arah Pembangunan Jangka Panjang (PJP) Tahun 2005 – 2025, Kantor Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Wignyosoebroto, Soetandyo. 1994. Dari Hukum Kolonial Ke Hukum Nasional, Dinamika Sosial Politik Dalam Perkembangan Hukum di Indonesia Jakarta: RajaGrafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.53712/yustitia.v19i1.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.