TANGGUNG JAWAB HUKUM PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN DALAM KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG OLEH PERUSAHAAN EKSPEDISI AKIBAT KECELAKAAN

M. Thoriq Maulidi Pratama, Adriana Pakendek, Achmad Rifai, Agustri Purwandi

Abstract


Abstrak

Adanya teknologi pada zaman sekarang banyak bisnis online berkembang pesat didukung dengan sarana jasa pengiriman barang (ekspedisi) yang membantu pengantaran barang sampai tujuan, namun sering terjadi kendala dalam proses pengiriman barang seperti contoh kecelakaan lalu lintas yang dialami truk pengangkut sehingga mengakibatkan kerugian materil ataupun immateril. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kecelakaan itu dapat atau tidak dapat dijadikan alasan sebagai keadaan memaksa oleh pelaku usaha dan bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap kerugian akibat peristiwa tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang meneliti dan mengkaji dari Peraturan Perundang-undangan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan studi kepustakaan menunjukkan bahwa kecelakaan dapat dijadikan alasan sebagai keadaan memaksa (force majeure) karena terpenuhinya unsur-unsur yang memenuhi selama tidak ada itikad buruk dari debitur. Tanggung  jawab pelaku usaha adalah memberikan ganti rugi terhadap kerugian konsumen apabila terbukti ada unsur kelalaian/kesalahan dari debitur, namun bisa jadi debitur bebas dari pertanggungjawaban itu oleh sebab keadaan memaksa (force majeure) jika bisa membuktikan adanya peristiwa tak terduga tersebut.

 



Keywords


Kata kunci: Ekspedisi, Kecelakaan, Force majeure.

References


Abdulkadir, M. (1992), Hukum Perikatan, Bandung: Citra Aditya Bakti

Ahmadi, M. (2021), Hukum Perikatan (Penjelasan Makna Pasal 1233 sampai 1456), Jakarta: Raja Grafindo.

Satrio, J. (1999), Hukum Perikatan (Perikatan Pada Umumnya). Bandung: Alumni.

Shofie, Y. (2008), Kapita Selekta Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung: Citra Aditya Bakti..

Yuda, A. (2010), Asas Proporsionalitas dalam Kontrak Komersial, Jakarta: Prenada Media..

Ayu, A. (2018). Perlindungan Konsumen Jasa Pengiriman Barang dalam Hal Terjadi Keterlambatan Barang, Semarang: Jurnal Law Reform.

Eldanari, (2010), Kecelakaan Lalu Lintas, Yogyakarta: Jurnal Universitas Atma Jaya.

Gusti, A. Peran Asuransi Kepada Perusahaan Pengangkutan Barang Melalui Darat yang Mengalami Kerusakan atau Kehilangan Barang, Bali: Bagian Hukum Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Junaedy, G. (2013), Hukum Asuransi Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika.

Tira, H. (2013), Tanggung Jawab Atas Keterlambatan, Kerusakan, atau Kehilangan Pengiriman Barang di PT. Pandu Logistic, Semarang: Jurnal FH Universitas Stikubank.


Full Text: PDF

DOI: 10.53712/yustitia.v24i2.2181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.