NILAI KEADILAN DALAM BUDAYA CAROK

Muwaffiq Jufri

Abstract


Carok adalah metode penyelesaian perkara-perkara tertentu yang mentradisi di Madura, artinya tidak semua persoalan dapat diselesaikan melalui mekanisme ini, yang dalam pelaksanaannya harus dilalui oleh tahapan-tahapan sebagai prasyarat suatu perkara dapat diselesaikan melalui carok. Pengetahuan masyarakat umum terhadap tradisi ini hanya terbatas pada saat terjadinya, dan tidak mengakar pada nilai-nilai serta tahapan yang menyebabkan banyaknya sentimen negatif terhadap tradisi ini. Karenanya tulisan ini penting sebagai langkah mempromosikan kearifan tradisi carok yang nantinya akan bermanfaat dalam mengubah pandangan umum masyarakat terhadap tradisi ini.

Keywords


Carok, keadilan, nilai, tradisi, dan Madura

References


Wiyata, A. Latif. 2006. Carok, Konflik Kekerasan dan Harga Diri Orang Madura. Yokyakarta: LKiS.

Anshori, Abdul Ghafur. 2009. Filsafat Hukum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Arifin, Ahmala. 2011. Tafsir Pembebasan; Metode Interpretasi Progresif Ala Farid Essack. Yogyakarta; Aura Pustaka.

Sutarti, Ayu. 2014. Orang Madura di Mata Orang Jawa. Prosiding Seminar Nasional Budaya Madura I; Madura Dalam Kacamata Sosial, Budaya, Ekonomi, Agama, Kebahasaan, dan Pertanian. Puslit Budaya dan Potensi Madura LPPM Universitas Trunojoyo Madura.

Rubai, Masruchin. 2012. Aneka Pemikiran Hukum Nasional Yang Islami. Malang: UM Press.

Al-Ghaziy, Mohammad bin Qosim. Tanpa tahun. Fathul Qorib Mujib. Surabaya: Darul Ilmu.

Marzuki, Peter Mahmud. 2014. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Mertokusumo, Sudikno. 2008. Mengenal Hukum; Suatu Pengantar. Yogyakarta: Liberty.

Taufiqurrahman. 2006. Islam dan Budaya Madura. Makalah dipresentasikan pada forum Annual Conference on Contemporary Islamic Studies, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Ditjen Pendidikan Islam, Departemen Agama RI, di Grand Hotel Lembang Bandung.

Yuriadi. 2014. Carok dan Harga Diri Masyarakat Madura Dalam Prespektif Psikologi. Prosiding Seminar Nasional Budaya Madura I; Madura Dalam Kacamata Sosial, Budaya, Ekonomi, Agama, Kebahasaan, dan Pertanian. Puslit Budaya dan Potensi Madura LPPM Universitas Trunojoyo Madura.


Full Text: PDF

DOI: 10.53712/yustitia.v18i1.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.