DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM)

Sri Sulastri & Sapto Wahyono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Dampak Pandemi covid-19 terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah karena dengan adanya pandemi Coronavirus Disease-2019 atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Dengan pandemi dapat membuat krisis di sektor riil sehingga sangat berpengaruh pada sektor  keuangan yang berperan sebagai penyedia sumber permodalan bagi pelaku usaha. Dampak pandemi Covid -19 pada perekonomian Indonesia tergambar dari beberapa indikator seperti tren kredit Bank yang terus menurun.Virus ini telah memunculkan pesimisme terhadap pertumbuhan ekonomi dunia, kegiatan ekonomi di seluruh dunia mengalami penurunan yang sangat tajam yang berakibat banyak negara mengalami resesi atau kontraksi ekonomi, perlindungan terhadap UMKM dengan berbagai subsidi dan bantuan kredit modal kerja agar UMKM tersebut memiliki pendapatan agar mampu berbelanja dan mendorong produksi dengan memperhatikan ancaman pandemi yang semakin menggoyahkan kegiatan ekonomi UMKM dan dunia usaha lainnya. Sehingga dengan adanya pandemi ini merubah gaya hidup masyarakat yang sering kali memanfaatkan e-commerce sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhannya dengan alasan tersebut mampu dimanfaatkan oleh pelaku usaha dalam melakukan kegiatan bisnisnya, namun yang harus diperhatikan baik terhadap konsumen sebagai pengguna dari produk, maupun pelaku usaha yang memanfaatkan layanan e-commerce harus memperhatikan Undang-undang yang berlaku.

Keywords


UMKM, Covid-19, E-commerce

References


Anton Gunawan & Syahrir Ika.Tt. Cara Indonesia Menangani Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Perekonomian. Jakarta. PT Gramedia.

Augustinus Simanjutak. 2018. Hukum Bisnis Sebuah Pemahaman Integratif Antara Hukum dan Praktik Bisnis. Depok: PT Rajawali Pers.

Bambang Rianto Rustam. Tt. Manajemen Risiko Prinsip, Penerapan,dan Penelitian.Penerbit Salemba Empat.

Rina Antasari, Fauziah. 2018. Hukum Bisnis. Malang: Setara Press Malang.

Soeisno Djojosoedarso. Prinsip-Prinsip Manajemen Resiko Asuransi.Salemba Empat.

Susanti Adi Ngroho.2021. Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau Dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-UndangNomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Undang-UndangNomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro.

Undang-UndangNomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan

Undang-Undang Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Sistem Perdagangan Melalui Elektronik


Full Text: PDF

DOI: 10.53712/yustitia.v22i2.1335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.