Pelatihan Pembuatan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan (AI) Menggunakan Brisk Teaching bagi Guru-Guru Sekolah Islam Terpadu Mukhlisiin Kabupaten Gowa
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam evaluasi pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) melalui pelatihan pemanfaatan Brisk Teaching. Pelatihan diikuti oleh 25 guru SD dan SMP Sekolah Islam Terpadu Mukhlisiin dengan pendekatan hands-on. Hasil evaluasi menunjukkan keberhasilan yang signifikan, dimana 84% peserta mencapai nilai 9-10 pada post-test dan 100% berhasil membuat instrumen evaluasi sesuai mata pelajaran. Tingkat kepuasan peserta mencapai 92,6%, menunjukkan materi yang relevan dan metode pelatihan yang efektif. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis guru tetapi juga membuka wawasan tentang evaluasi pembelajaran yang lebih efisien dan variatif. Disimpulkan bahwa Brisk Teaching efektif untuk transformasi evaluasi pembelajaran, sehingga direkomendasikan pembentukan komunitas praktisi dan integrasi literasi AI dalam pengembangan profesional guru berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brisk Technologies. (2023). Brisk Teaching: The AI Assistant for Teachers. [Situs Web Brisk Teaching].
Celik, I., Dindar, M., Muukkonen, H., & Järvelä, S. (2022). The promises and challenges of artificial intelligence for teachers: A systematic review of research. TechTrends, 66(4), 616-630.
Borović, F., Kovačić, M, & Aleksić-Maslać,K., The Use of the Gen Ai Tool Brisk Teaching in the Educational Process and Its Impact on Student Motivation, 2025 MIPRO 48th ICT and Electronics Convention, Opatija, Croatia, 2025, pp. 715-719, doi:10.1109/MIPRO65660.2025.11131911.
Department for Education. (2019). Teacher workload survey 2019. [Laporan Pemerintah Inggris]. https://assets.publishing.service.gov.uk/media/5e12fcb7e5274a0f9e82e4fd/teacher_workload_survey_2019_main_report_amended.pdf
Gronlund, N. E., & Waugh, C. K. (2009). Assessment of Student Achievement (9th ed.). Pearson.
Fadhila, A., Faisal, M., & Syawaluddin, A. (2025). Analisis Hambatan Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 9(1), 2597-4424.
Kasneci, E., Sessler, K., Küchemann, S., Bannert, M., Dementieva, D., Fischer, F., Gasser, U., Groh, G., Günnemann, S., Hüllermeier, E., Krusche, S., Kutyniok, G., Michaeli, T., Nerdel, C., Pfeffer, J., Poquet, O., Sailer, M., Schmidt, A., Seidel, T., … Kasneci, G. (2023). ChatGPT for good? On opportunities and challenges of large language models for education. Learning & Individual Differences, 103, 102274-. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.102274
UNESCO. (2023). Guidance for generative AI in education and research. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology Acceptance Model 3 and a Research Agenda on Interventions. Decision Sciences, 39(2), 273–315.
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v5i2.2867
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Arfah Arfah
Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA
Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd
Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom
Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd
Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.
NGABDIMAS UNIRA

