Integrasi Nilai dan Kompetensi: Workshop Pembelajaran Mendalam dan Kurikulum Berbasis Cinta di Madrasah Tsanawiyah

Parhaini Andriani, Habibi Ratu Perwira Negara, Baiq Rofina

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang pembelajaran mendalam dan kurikulum berbasis cinta, serta terampil dalam mengembangkan modul ajar berbasis kedua pendekatan tersebut. Kegiatan dilaksanakan melalui workshop partisipatif bagi 72 guru dari dua madrasah mitra di Lombok Barat dan Kota Mataram pada Juni-Agustus 2025. Keunikan workshop terletak pada konsistensi antara materi dan metode penyampaian, dimana fasilitator secara langsung memodelkan penerapan kedua pendekatan tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata pretes-postes dari 63 menjadi 80 dan sebagian besar peserta mampu merancang modul ajarnya dengan baik. Workshop ini berhasil membangun paradigma pendidikan yang mengintegrasikan kecakapan kognitif dengan pembentukan karakter dalam suasana pembelajaran yang memanusiakan. Temuan ini merekomendasikan pentingnya pendekatan modeling dalam pelatihan guru untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik pendidikan.

Keywords


pembelajaran mendalam, kurulum berbasis cinta, madrasah tsanawiyah, workshop guru, pembelajaran berbasis pengalaman

Full Text:

PDF

References


Adib, M. A. (2024). Menuju pembelajaran madrasah yang lebih efektif: Sebuah solusi dan pendekatan baru. Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1). https://doi.org/10.61590/mad.v1i1.1

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. (2025). Naskah akademik pembelajaran mendalam: Menuju pendidikan bermutu untuk semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.

Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. New Jersey: Pearson Education Inc.

Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. (2025). Panduan implementasi kurikulum berbasis cinta di madrasah.

Fullan, M., & Langworthy, M. (2014). A rich seam: How new pedagogies find deep learning. California: Pearson.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 6077 Tahun 2025 tentang Panduan Kurikulum Berbasis Cinta. (2025).

Peraturan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2025 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. (2025).




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v5i2.2866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Parhaini Andriani, Habibi Ratu Perwira Negara, Baiq Rofina



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.

https://aset.itenas.ac.id/ https://dp.untad.ac.id/ https://dgb.untad.ac.id/ https://abo.stmi.ac.id/ https://sipora.sumselprov.go.id/ https://lppm.istn.ac.id/ https://dpmptsp.lamongankab.go.id/ https://martec.hangtuah.ac.id/ https://upapkk.untad.ac.id/ https://heylink.me/pisangbetqris https://tik.untad.ac.id/ https://lppd.pacitankab.go.id/