Pendampingan Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Negeri Tugu Surakarta

Agnes Yunita Simaremare

Abstract


Sekolah inklusif sebagai upaya dalam membangun tatanan masyarakat inklusif di Indonesia tentu menghadapi tantangan tersendiri dalam penerapannya, salah satunya adalah kurangnya tenaga kerja pendamping untuk anak berkebutuhan khusus selama mengikuti pembelajaran di sekolah. Hal inilah yang menjadi aktivitas pengabdian masyarakat di SD Negeri Tugu Surakarta. Tujuan dan manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendampingi siswa-siswi berkebutuhan khusus dalam proses belajar dan meningkatkan kemampuan belajar anak berkebutuhan khusus di SD Negeri Tugu Surakarta. Metode pendekatan yang dilakukan oleh peneliti dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah menggunakan observasi dan interview. Hasil dari program kuliah kerja nyata ini, adanya peningkatan dan perubahan perilaku siswa berkebutuhan khusus dalam lingkungan sosial.

Keywords


sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus,

Full Text:

PDF

References


Abosi, Okey & Koay, TL. 2008. Attaining Development Goal of Chldren with Disabilities: Implication for Inclusive Education. International Journal of Special Education, Vol. 23, Number 3.

Astarini, K. 2013. Hubungan perilaku over protective orang tua dan bullying pada siswa sekolah dasar. Educational Psychology Journal, 2 (1).

Auliadi, dkk. 2021. Penguatan karakter toleransi sosial pada siswa SD melalui pembelajaran PKN. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Baharun, H., Bali, M. M. E. I., Muali, C., & Munawaroh, L. (2020). Self-Efficacy Sebagai Media Peningkatan Profesionalisme Guru Di Madrasah: Self-efficacy, Professionalism, Teacher. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(2), 344-357. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i2.158

Bakar, A. 2016. Konsep toleransi dan kebebasan beragama. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 123-131. http://dx.doi.org/10.24014/trs.v7i2.1426

Blust, K. E. 2016. Middle School Teachers' Perceptions of Bullying and Their Practices in Reporting Bullying Incidents. (10131700 Ed.D.), Walden University, Ann Arbor. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/18 00533825?accountid=17242 ProQuest Dissertations & Theses Global; Psychology Database database.

Choiri, Abdul Salim & Munawir Yusuf. 2009. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif. Surakarta: Inti Media.

Destiyana, E. (2016). Upaya Meningkatkan Sikap Empati Melalui Metode Storytelling pada Siswa SD Negeri Caturtunggal 3 Depok. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(9).

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39-48.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). PERANAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.

Gustini, N. (2017). Empati kultural pada mahasiswa. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 17-34. https://doi.org/10.17509/jomsign.v1i1.6049

Hurlock, Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi 5. Jakarta:Erlangga.

Irvan, Muchamad. 2017. Pengetahuan Mahasiswa PG-PAUD UNIPA Surabaya Tentang Pendidikan Inklusif. Buana Pendidikan, 13 No.24, 155-164.

Irvan, M. dan Jauhari, M. 2018. Implementasi Pendidikan Inklusif sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan di Indonesia. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya, No. 26, Vol. 14. 175-187.

Izzah, L., Sukarti, S., & Gusniarti, U. (2019). Pelatihan empati untuk menurunkan perilaku bullying pada pelaku bullying di sekolah dasar. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 11(2), 79-90.

Juliawati, & Suharnan. (2014). Religiusitas, empati dan perilaku prososial jemaat GKT Hosana Bumi Permai. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 130-140.

Perbukuan, P. K. 2021. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif.

PKLK. 2011. Pedoman Umum Penyelengaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

____ , Permendiknas No. 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v4i1.2295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agnes Yunita Simaremare



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.