Inovasi Pembelajaran Melalui Pelatihan Aplikasi Quizizz Di SMP PGRI Tumbrasanom Bojonegoro
Abstract
Paradigma pendidikan di era revolusi industri 4.0 mengalami perubahan yang signifikan dan mendasar. Integrasi digital dengan kehidupan nyata mendorong adanya interaksi antara manusia dengan mesin dalam memecahkan persoalan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran inovatif memberikan ruang bagi pemanfaatan tehnologi digital dalam pembelajaran. Peserta didik dapat secara langsung memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Aplikasi quizizz merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang menggunakan tehnologi untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran yang menampilan avatar, meme, tema dan musik. Pelatihan penggunaan aplikasi quizizz dilaksanakan di SMP PGRI TUMBRASANOM. Pelatihan ini ditujukan kepada guru-guru untuk membuat soal-soal agar siswa tidak bosan dalam mengerjakan. Sebelum dilaksanakan pelatihan guru akan dibekali pengetahuan tentang quizizz dan tehnis penerapannya selanjutnya diadakan pelatihan pembuatan soal dengan quizizz. Pelaksanaan pengabdian berupa pelatihan penerapan aplikasi quizizz di SMP PGRI TUMBRASANOM dinyatakan berhasil. Target jumlah peserta 95% terpenuhi dan adanya peningkatan kualitas guru utamanya inovasi dalam evaluasi pembelajaran yang mengintegrasikan tehnologi berupa pemanfaatan aplikasi quizizz
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Grahito Wicaksono, A. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Stem Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54–62. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98
Handoko, W., Mizkat, E., Nasution, A., Hambali, & Eska, J. (2021). Gamification in Learning using Quizizz Application as Assessment Tools. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012111
Hudjimartsu, S. A., Prayudyanto, M. N., Permana, S., & Heryansyah, A. (2021). Peluang Dan Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Fakultas Teknik Dan Sains UIKA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 58. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6245
Lestari, W., Supandi, A., Liberna, H., Ningsih, R., & Eva, L. M. (2022). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1462–1465. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7863
Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 65–78. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7404
Ramliyana, R., & Ramdhan, V. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Tj. Bar, 3(1), 60–70. https://www.covid19.go.id/
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Sudihartono, Y. (2020). Penerapan Quizizz Dalam Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Peserta Diklat Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian, 5(1), 1–15. http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/1249
Supriadi, N.-, Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101
Syafriafdi, N. (2023). The Role of Quizizz Application in Learning : A literature Review. Jurnal Pendidikan, 14(1), 126–138.
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v4i1.2293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lina Susilowati
Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA
Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd
Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom
Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd
Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.