Bimbingan Teknis Teknologi Pengolahan Pakan Ternak Pada Kelompok Tani Pemuda Tanjung Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan

Selvia Nurlaila, Riszqina Riszqina, A Yudi Heryadi

Abstract


Ketersediaan pakan dalam jumlah yang cukup dan berkualitas sangat menentukan keberlanjutan usaha budidaya peternakan. Pada musim kemarau ini pemenuhan pakan hijauan ternak masih menjadi permasalahan bagi peternak, akibatnya banyak peternak yang menggunakan pakan seadanya untuk diberikan ke ternak. Rendahnya kesadaran peternak dalam penyediaan dan pemanfaatan pakan yang berkualitas dengan jumlah yang cukup, menyebabkan sebagian besar peternak memberikan hijauan pakan yang memiliki kualitas seadanya kepada ternak yang dipelihara. Hal ini menyebabkan ternak tidak mendapat asupan pakan yang berkualitas baik. Pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis ini bertujuan untuk mengedukasi kepada peternak tentang bagaimana pengolahan pakan yang baik, salah satunya dengan memanfaatkan bahan pakan yang tersedia di lokasi sekitar dan diolah secara fermentasi. Salah satu metode untuk menaikkan status kualitas pakan ternak adalah dengan melakukan teknologi pengolahan pakan. Alternatif dari permasalahan ini adalah pelatihan pembuatan pakan Fermentasi jerami dan jamu ternak. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah penyuluhan disertai dengan praktek teknologi pengolahan  pakan ternak.

Keywords


Teknologi Pakan Alternatif, Fermentasi Jerami, Supplement Ternak.

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., M.Hatta dan S.Purwanti. 2009. Penggunaan ramuan herbal untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas broiler. Analisis zat bioaktif dan uji aktifitas antibakteri ramuan herbal dalam menghambat bakteri Gram positif dan Gram negatif. Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan. Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran. Bandung. Hal: 514-517.

Anonimus. 2019. Pegantenan dalam Angka. BPS, Kabupaten Pamekasan.

Astiti, N. M. A. G. R. (2018). Sapi Bali dan Pemasarannya. Jayapangus Press Books, i–106.

Bilyaro,W. Lestari,D. Putra,BA. Mahardika, AI. Alfahri. 2023. Pengembangan Teknologi Pengolahan Pakan untuk Meningkatkan Produktivitas Ternak Sapi Potong pada Kelompok Ternak di Desa Sawojajar Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Juni 2023 Vol. 8, No. 2.

Erlita, Yuni. 2017. Mengolah Fermentasi Jerami Untuk Pakan Ternak. https://sumbarprov.go.id/home/news/12336-mengolah-fermentasi-jerami-untuk-pakan-ternak-.html.

Loliwu, YA. Widnyana, I GNP. 2021. Pemanfaatan Tanaman Rempah dan Obat Sebagai Jamu Ternak untuk Meningkatkan Produktivitas Ternak Sapi. Mosintuwu : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No. 2, Oktober 2021, pp 39-42.

Rahayu, W. P., & Nurwitri, C. C. (2019). Mikrobiologi pangan. PT Penerbit IPB Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v3i1.2145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Selvia Nurlaila, Riszqina Riszqina, A Yudi Heryadi



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.