Pendampingan Siswa-Siswi MTs Al-Hikmah Dalam Mengoperasikan Software Geometri Cabri 3D V2

Safiil Maarif

Abstract


Era industry 4.0, proses pembelajaran matematika seyogyanya harus diiringi dengan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Salah satu contoh Media pembelajaran teknologi yaitu media pembelajaran berbasis komputer yang bisa berupa software – software pembelajaran yang telah berkembang pada saat ini. MTs Al-Hikmah merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta tingkat SLTP yang terletak di desa Janti Jogoroto Jombang. Di madrasah ini, pembelajaran matematika materi geometri khususnya bangun ruang seringkali disampaikan tanpa bantuan media pembelajaran media pembelajaran elektronik (berbasis software komputer). Sehingga tidak sedikit dari siswa-siswi yang mengalami kesulitan saat memahami materi geometri bangun ruang. Solusi yang ditawarkan yaitu  dengan melaksanakan Cabri 3D V2 Empowerment Program: Pendampingan Siswa-Siswi MTs Al-Hikmah Dalam Mengoperasikan Software Geometri Cabri 3D V2. Dengan tujuan setelah dilaksanakannya kegiatan ini, siswa-siswi tersebut bisa lebih mudah memahami materi matematika yang berhubungan geometri bangun ruang. Di kegiatan ini, siswa-siswi akan diajari cara mengoperasikan media pembelajaran berbasis teknologi komputer yaitu software geometri Cabri 3D V2. Metode pelaksanaan Cabri 3D V2 Empowerment Program dibagi menjadi 5 tahap yaitu (1) tahap persiapan : melakukan survey awal, perizinan, sosialisasi dan penentuan lokasi kegiatan; (2) tahap pelaksanaan kegiatan: kegiatan akan dilaksanakan di laboratorium komputer MTs Al-Hikmah; (3) tahap evaluasi: Evaluasi kegiatan dilakukan selama proses pelatihan berlangsung; (4) tahap pendampingan: Pendampingan dilakukan hingga siswa dapat mengoperasikan  dengan maksimal software geometri Cabri 3D V2; (5) tahap pelaporan. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian dapat dijelaskan bahwa siswa/i MTs Al-Hikmah Janti yang semula tidak mengetahui sama sekali tentang software geometri Cabri 3D V2 untuk membuat bangun datar dan bangun ruang, dengan kegiatan software geometri Cabri 3D V2 siswa akhirnya mengetahuinya. Melalui kegiatan ini pula lah siswa/i dapat mempelajari geometri dengan obyek yang seperti konkret bahkan lebih baik dari obyek konkret. Siswa/i telah bisa mengoperasikan software geometri Cabri 3D V2 dengan baik.


Keywords


Pendampingan, Cabri 3D V2

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Gading Permai, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hendrianan, B. (2017). Aplikasi Komputer Mengenal Software Matematika. (Online),(http://bahanajar.uhamka.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/Buku-Ajar-Aplikasi- Komputer-Mengenal-Software-matematika.pdf), diakses tanggal 22 Februari 2023

Maarif, Safiil dkk. (2019). MATHEMATICS PROPS PROJECT (Pelatihan Peserta Didik dalam Menggunakan Media Pembelajaran Elektronik Geogebra dan Geometers Sketchpad). CEEJ:Universitas Islam Riau (https://journal.uir.ac.id/index.php/ecej/article/view/4778)

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. (Syaf, Ed). Ciputat Jakarta : Gaung Persada (GP) Press

Sadirman.(2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sasongko, A.N. (2015). Modul Cabri 3D V2. (Online), (http://adityanursasongko.files.wordpress.com/2015/09/modul-cabri-3d- adityanurza.docx), diunduh tanggal 20 Februari 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v3i2.2138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Safiil Maarif



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.