PENERAPAN SISTEM PERTANIAN BERKELANJUTAN GUNA MENDUKUNG PRODUKSI PERTANIAN DI DESA TERRAK KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN

Fairus Zabadi, Ahmad Fatoni, Ainur Rofiq Hafsi, Lili Supardi

Abstract


Sektor pertanian merupakan sektor penting dalam menopang kehidupan manusia. Sistem pertanian yang ada selalu mengandalkan bahan kimiawi yang berbahaya untuk meningkatkan produksi pertanian. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pertanian berkelanjutan di Desa Terrak Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.   Hal ini menuntut adanya penerapan teknologi yang dapat mengoptimalkan hasil pertanian. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah penerapan sistem pertanian berkelanjutan. Agar teknologi yang diterapkan dapat diaplikasikan di lingkungan petani maka perlu adanya metode yang tepat untuk mengkomunikasikan teknologi ini terhadap petani. Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bentuk transfer informasi teknologi dari akademisi terhadap  petani.  Petani diharapkan akan  memperoleh informasi tentang teknik budidaya yang baik dan berorientasi pada hasil/produksi pertanian.


Keywords


Sustainable Agriculture; Agricultural Production

Full Text:

PDF

References


Dokumentasi DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan Peserta KKN Di Desa Terrak Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan Madura Tahun 2021/2022.

Hawayati, dkk. Penerapan Sistem Pertanian Ramah Lingkungan Dan Berkelanjutan Dengan Pola Desa Mitra. Jurusan Budidaya Pertanian, Universitas Jambi.

Soekartawi. 1995. Pembangunan Pertanian.

Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Susanto, R. 2003. Penerapan Pertanian Organik Pemasyarakatan dan Pengembangannya. Kanisius. Jakarta.

Wihardjaka, Anicetus. (2018). Penerapan Model Pertanian Ramah Lingkungan Sebagai Jaminan Perbaikan Kuantitas Dan Kualitas Hasil Tanaman Pangan. Balai Penelitian Lingkungan Pertanian.

Zulkarnain. 2001. Pertanian Organik: Sistem Pertanian Berbasis Produktivitas dan

Lingkungan Hidup. Universitas Jambi. Jambi.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v2i2.1632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fairus Zabadi, Ahmad Fatoni, Ainur Rofiq Hafsi, Lili Supardi



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.