Implementasi Marketplace Sentra Batik Madura di Pasar 17 Agustus Pamekasan Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Daerah

Ubaidi, Nindian Puspa Dewi

Abstract


Pasar 17 Agustus Pamekasan merupakan salah satu pasar terbesar di Pamekasan yang dijadikan sebagai sentra batik tulis Madura. Batik Madura sendiri merupakan salah satu kekayaan budaya Madura. Batik ini juga cukup dikenal di seluruh Indonesia karena memiliki corak yang unik serta warna yang cukup mencolok, sehingga sangat banyak diminati, baik oleh masyarakat lokal maupun dari luar Madura.  Oleh karena itu, perlu untuk menerapkan sebuah aplikasi marketplace yang selain berfungsi sebagai media promosi, juga sebagai sistem informasi penjualan. Dengan adanya marketplace dapat meningkatkan penjualan batik Madura karena menjadi marketplace terpusat. Aplikasi Marketplace ini dibuat dengan berbasis web dan mobile sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan tanpa harus mengunjungi Pasar 17 Agustus Pamekasan. Metode yang digunakan untuk menerapkan aplikasi ini adalah melakukan riset pasar, mengembangkan aplikasi yang sudah dibuat sebelumnya dan menyesuaikan dengan kebutuhan, ujicoba sistem dan melakukan pelatihan kepada mitra. Luaran yang diperoleh dari pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan mitra dalam melakukan promosi, penjualan dan pencatatan dengan memanfaatkan teknologi serta memperbesar peluang penjualan batik Madura.


Keywords


Marketplace; Market; Batik; Batik Madura; Pamekasan

Full Text:

PDF

References


Baxter, R. (2006). Software engineering is software engineering.

Dewi, N. P., & Listiowarni, I. (2019). Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), 3(2), 124–130.

Mudjijono. (2016). Lancor hingga Mata Keteran (Motif Batik Madura). Jantra: Jurnal Sejarah Budaya, 11(2) pp.169-180.

Palinggi, S., & Limbongan, E.C. (2020). Pengaruh Internet Terhadap Industri E-Commerce dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi Pelanggan di Indonesia. Semin. Nas. Ris. dan Teknol. 4(1), 225–232.

Septianto, M., Gumilang, S. F. S., & Al Anshary F. M. (2018). Perancangan Dan Pengembangan Marketplace Jual Beli Buku Bekas Pada Startup Gebbuk Berbasis Mobile. e-Proceeding Eng., 5(2), 3335–3345.

Suminto, R.A.S. (2015). Batik Madura: Menilik Ciri Khas dan Makna Filosofinya. CORAK Jurnal Seni Kriya, 4(1) 1-12.

Turban, E. & King, J., Lee, K., Liang, T.P., & Turban D. C. (2015). Electronic Commerce - A Managerial and Social Perspective.

Ubaidi, U., & Dewi, N. P. (2020). Aplikasi Marketplace Batik Madura di Sentra Batik Pasar 17 Agustus Pamekasan. JurTi (Jurnal Teknologi Informasi), 4(2), 292-302.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v1i2.1362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ubaidi, Nindian Puspa Dewi



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.