Pemanfaatan Media Balok-Balok Angka untuk Melatih Operasi Dasar dalam Matematika

Esty Saraswati Nur Hartiningrum, safii

Abstract


lat peraga balok-balok angka ini mempunyai kelebihan yaitu selain memperlihatkan secara langsung konsep penjumlahan, bisa menarik minat siswa untuk belajar matematika karena alat peraga ini siswa bisa bermain sekaligus belajar sehingga siswa tidak merasa jenuh atau bosan dan sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual anak SD yang masih dalam tahap prakonkret, maka siswa SD dapat menerima konsep – konsep matematika yang abstrak melalui benda–benda konkret.Sasaran yang dipilih adalah materi yang membutuhkan alat peraga untuk mempermudah dalam mejalaskan konsep matematika yang bersifat abstrak.  Siswa yang dipilih adalah siswa pada MI Al-Hikmah Janti Kelas II. Selama pelatihan dan pendampingansiswa dibimbing dari awal proses pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Pendampingan dan Pelatihan diberikan sampai siswa dapat mengoperasikan media balok-balok angka. Tahap pelaksanan pelatihan ini dibagi lagi menjadi 2 tahap, Tahap pertama pada tahap ini, pelatihan difokuskan pada pemberian motivasi, pemberian materi matematika sehingga pembelajaran menjadi menarik dan mnyenagkan. Di tahap pertama ini pula, tim PKM akan mendemonstrasikan sedikit tentang cara menggunakan alat peraga. Tahap kedua, Pada tahap ini, pelatihan difokuskan pada kegiatan praktek alat peraga matematika balok-balok angka


Keywords


Alat peraga, balok-balok angka , Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arsyad. Azhar 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2017. Pedoman Penelitian dan PPM di Perguruan Tinggi edisi XI. KemenRistekdikti.

Hadi, Sutarto. 2015. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.

Hijriati. 2016. Tahapan perkembangan kognitif pada masa early childhood. Jurnal Pendidikan Anak. 1(2), 1–17.

Karso, dkk. 2010). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Kusumawati, Siska Dwi. 2020. Pengunaan Media Balok Angka Dalam Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai. 9 (2), 1-9.

Mudiyarsih. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pelita PAUD. 3 (2), 121-134.

Muhyidin, dkk. 2014. Ensiklopedia pendidikan anak usia dini metode & mediapembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Munadi, Yudhi, 2010. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta : Gaung Persada (GP) Press.

Qholisya, N. (2019). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Tk B Bustaannur. Medan: Universitas Medan Area.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v1i2.1361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Esty Saraswati Nur Hartiningrum, Safii



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.