OPTIMALISASI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BANK SAMPAH GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN

Nurul Alfian, Runik Puji Rahayu

Abstract


Sampah dapat menjadi salah satu sumber daya penting dalam mengangkat perekonomian masyarakat. Hal ini dapat terjadi dengan adanya pengelolaan sampah dengan baik. Pemanfaatan sampah sampah tersebut harus diprioritaskan sebelum terjadinya pencemaran lingkungan yang dapat mengganggu kesehatan dari masyarakat. Partisipasi masyarakat juga dipengaruhi oleh jumlah anggota keluarga, dimana semakin besar jumlah anggota keluarga berarti semakin besar pula jumlah kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi. Dengan kerja sama tim pengabdi yang baik dan peran serta aktif dari penyuluh/ narasumber dalam kegiatan pengabdian ini maka semuanya telah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan harapannya dapat memverikan manfaat bagi masyarakat dalam pengelolaan sampah dan menjadi nasabah banksampah untuk mendapatkan lingkungan yang sehat serta peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat.

Keywords


Partisipasi Masyarakat; bank sampah; Perekonomian.

Full Text:

PDF

References


Anwar, A. (2003). Konflik Sampah Kota. Komunitas Jurnalis Bekasi.

Erwin Adiana, Pande Putu. (2012). Analisis Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Gianyar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Hendrawan, ID. (1996). Dampak Lokasi Pembuangan Akhir (LPA) Sampah Sistem Sanitary Landfill terhadap Pencemaran Lingkungan (Studi Kasus di Bantar Gebang Bekasi). Program Studi Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana.

Imamah, Nurul, (2008). Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Internal Terhadap Keberhasilan Industri Kecil Tasdan Koper di Desa Kedensari Tanggulangin Sidoarjo, Jurnal Akuntansi bisnis dan manajemen, (vol.15 nomor 3).

Luali, La Ode. (2006). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Persepsi, Sikap, dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah. Kasus: Kota Raha Kab. Runa Prov. Sulawesi Tenggara. Tesis, Universitas Gadjah Mada.

Salim, Randy. (2013). Bank Sampah Indonesia: Menabung, Mengubah Perilaku.Artikel.

Suwerda, Bambang, Bank Sampah: Kajian Teoridan Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Rihama, 2012

Yulianti, Yoni, 2012. Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kota Solok, Universitas Andalas Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v1i1.1065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurul Alfian, Runik Puji Rahayu



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.