ANALISIS KESALAHAN MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Andri Anugrahana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat serta mencari faktor mahasiswa melakukan kesalahan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya operasi hitung bilangan bulat. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru sekoah dasar. Mahasiswa diberikan soal-soal dan dianalisis kesalahan-kesalahan dari mahasiswa dan dicari alasannya mengapa terjadi kesalahan dari mahasiswa calon guru sekolah dasar. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif sehingga data yang ada dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, yaitu proses mencari serta menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil tes tertulis jawaban mahasiswa dan yang salah diidentifikasi kedalam beberapa bentuk kesalahan. Setelah itu dipilih beberapa siswa untuk diwawancarai untuk mencari alasan mahasiswa melakukan kesalahan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Kesalahan konseptual yang dilakukan mahasiswa : kesalahan konsep (1) operasi hitung campuran perkalian, penjumlahan dan pengurangan, (2) operasi hitung perkalian dan pengurangan, (3) operasi distribusi, (4) kurang memahami penjumlahan dan pengurangan sama kuat. (5) operasi hitung dari sebelah kiri dan menyamakan semua operasi hitung memiliki bentuk yang sama. Kesalahan prosedural yang dilakukan mahasiswa: (1) tidak melihat perbedaan antara operasi hitung campuran, melakukan kesalahan dengan operasi pengurangan terlebih dahulu, (2) mengumpulkan dengan subtitusi terlebih dahulu lalu dioperasikan, (3) tidak dapat menjumlahkan operasi hitung pengurangan dengan bilangan negatif. Faktor-faktor mahasiswa melakukan kesalahan: (1) mahasiswa tidak teliti dalam mengoperasikan operasi bilangan bulat, (2) mahasiswa buru-buru dalam mengerjakan soal, (3) mahasiswa binggung atau belum bisa membedakan setiap tanda operasi yang diberikan dalam soal, (4) mahasiswa tidak memahami aturan dalam operasi hitung campuran


Keywords


analisis kesalahan, menyelesaikan soal matematika

Full Text:

PDF

References


Aini, S. D., Jannah, U. R., & Masruroh, R. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. Sigma, 3(1), 17-25.

Amini, R., & Munandar, A. (2010). Pengaruh model pembelajaran pendidikan lingkungan berbasis outdoor terhadap penguasaan konsep pendidikan lingkungan bagi calon guru sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 14-21.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.

Gradini, E. (2016). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di Dataran Tinggi Gayo. NumeracyJournal, 3(2).

Ibda, H., & Wijayanti, D. M. (2014). Siapkah Saya Menjadi Guru SD Revolusioner?. Kalam Nusantara

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18.

Primasatya, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 50-57.

Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi miskonsepsi pada konsep-konsep fisika menggunakan CertaintyofResponse Index (CRI). Mimbar Pendidikan, 3(24), 4-9.

Ramlah, R., Bennu, S., &Paloloang, B. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. JIPMat, 1(2).

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis kesalahan dan miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi aljabar. Edusentris, 1(2), 134-145.

Sahriah, S. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin-Fakultas Teknik UM.

Sutawidjaja, A., & Dahlan, J. A. (2014). Pembelajaran matematika.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan.2011.Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angka

Utomo, D. P. (2012). Pengetahuan Konseptual dan Prosedural dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Prosiding Matematika, 1(1), 21-31.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 http://kompetensi.info/kompetensi-guru/empat-kompetensi-guru.html

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli).

Widyaningrum, H. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Media Wajah Lucu dari Flanel di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10

Zayyadi, M., & Subaidi, A. (2018). Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 10-15.

Zayyadi, M., & Kurniati, D. (2018). Mathematics reasoning and proving of students in generalizing the pattern. International Journal of Engineering & Technology, 7(2), 15-17.

Zayyadi, M, Nusantara, T, Hidayanto, E , Sulandra, I Made, Sa'dijah, C. (2020). Content and Pedagogical Knowledge of Prospective Teachers in Mathematics Learning: Commognitive Framework. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8 (1), 515-532




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v5i2.791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.