REPRESENTASI VISUAL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Abdurrahman Rifki

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan representasi visual siswa Madrasah Tsanawiyah jenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam pemecahan masalah. Dalam penelitian ini digunakan dua siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pamekasan sebagai subjek penelitian yang masing-masing berjenis kelamin laki-laki dan jenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan wawancara. Instrumen utama adalah peneliti dan instrumen pendukung adalah instrumen tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil Penelitian ini berupa deskripsi representasi visual dari siswa jenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam pemecahan masalah untuk setiap tahap pemecahan masalah Polya. Siswa laki-laki menggunakan representasi visual skematik akurat dan siswa perempuan menggunakan representasi visual skematik tidak akurat.


Keywords


Representasi Visual, Pemecahan Masalah dan Jenis Kelamin

Full Text:

PDF

References


Boonen, A. J. H.,Van Wesel,F., Jolles, J., dan Van der Schoot,M. 2014. The role of visual representation type, spatial ability, and reading comprehension in word problem solving: An item-level analysis in elementary school children. Int. J. Educ. Res., vol. 68, pp. 15–26.

Elia, I. dan Philippou,G. 2004. The Functions of Pictures in Problem Solving.28th Int. Gr. Psychol. Math. Educ., vol. 2, pp. 327–334.

Güler, G. 2011. The visual representation usage levels of mathematics teachers and students in solving verbal problems.Int. J. Humanit. Soc. Sci., vol. 1, no. 11, pp. 145–154.

Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., & Yang, Y.-L. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society, 10 (2), 191-212.

Krawec, J. L. 2010. Problem Representation and Mathematical Problem Solving of Students of Varying Math Ability.Open Access Diss., vol. 47, no. 2, pp. 103–115.

Masykur, Moch dan Fathani,Abdul Halim. 2008. Mathematical Intelligence: cara cerdas melatih otak dan menaggulangi kesulitan belajar. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Panasuk, R. M. dan Beyranevand, M. L. 2011. Preferred Representations of Middle School Algebra Students When Solving Problems.Math. Educ., vol. 13, no. 1, pp. 32–52.

Polya,G. 1973.How to Solve It, vol. 30.

Salkind, G. M. 2007. Mathematical Representations. George Mason University.

Van Garderen, D. 2006. Imagery , and Mathematical. vol. 39, no. 6, pp. 496–506.

Wechsler,S. M., Nakano, T. D. C, Ferreira, S., Rosa, H. R., Berenice, R., Silva-filhoH., Alexandra, C., dan Minervino, M., “Gender differences on tests of crystallized intelligence,” Eur. J. Educ. Psychol., vol. 7, no. 1, pp. 59–72, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v4i2.592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.