PROSES BERPIKIR SISWA SMP KELAS VII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA

Jumlatul Farida, Lili Supardi, Hasan Basri

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII 6 SMPN 1 Larangan. Pengumpulan data menggunakan tes soal non rutin dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pembentukan pengertian, pembentukan  pendapat, dan penarikan kesimpulan. Subjek berkemampuan tinggi menggunakan proses berpikir pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan atau pembentukan keputusan berdasarkan langkah-langkah Polya secara lengkap dan benar. Subjek berkemampuan sedang menggunakan proses berpikir pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan atau pembentukan keputusan berdasarkan langkah-langkah Polya secara tidak lengkap dan benar. Sedangkan subjek berkemampuan rendah tidak sempurna dalam menggunakan proses berpikir pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan atau pembentukan keputusan berdasarkan langkah-langkah Polya secara tidak lengkap.

Full Text:

PDF

References


Eganinta, Devy. 2012. Analisis Kemampuan Pemecaha Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langka Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret.

Fadillah, Syarifah. 16 Mei 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian. Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Irianti, N. P. 2016. “Proses Berpikir Siswa Quitter Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-Langkah Polya”. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2016 Vol. I No. 2.

Polya, G. (1973). How To Solve It (A New Aspect of Mathematical Method). New Jersey: Priceton University Press.

Shadiq, Fadjar. 2014. Strategi Pemodelan Pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supriadi, Danar. 2015. “Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah

Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2015 Vol. 3 (2): 204-214.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Yani, Muhammad. 2016. “Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkanlangkah- Langkah Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient”. Jurnal Pendidikan Matematika, 2016 Vol. 10, No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v4i1.513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.