PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED

Chairul Fajar Tafrilyanto, Rahmaniyah Rahmaniyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah terbuka (open ended). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Az-Zubair Tlanakan Pamekasan yang berkemampuan matematika tinggi. Peneliti melakukan tes daan wawancara untuk memperoleh data tentang berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah terbuka (open ended). Untuk memperoleh data yang valid peneliti melakukan triangulasi. Dari data yang valid menghasilkan deskripsi bahwa subjek memahami masalah dengan cara membaca masalah terbuka (Open Ended)  untuk mengidentifikasi dan mengenal apa yang diketahui pada permasalahan. Kemudian subjek juga mengenal apa yang ditanya pada soal dengan menggunakan bahasanya sendiri. Dalam rencana pemecahan masalah setelah subjek mendapatkan informasi, Subjek belum mempunyai arah tertentu untuk menyelesaikan masalah akan tetapi alam pikiran mengeksplorasi berbagai alternatif, kemudian Subjek menggunakan cara lain untuk menyelesaikan permasalahan karena masalah yang diberikan ada masalah terbuka (Open Ended). Selain itu subjek menjelaskan bahwa strategi yang digunakan bisa memecahkan permasalahan dengan tepat. Dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan rencana pemecahan masalah. Dalam memeriksa kembali, subjek memeriksa kembali langkah-langkah pemecahan masalah dengan membaca kembali jawaban yang sudah diperoleh, kemudian subjek mengoreksi kembali operasi matematikanya. Subjek menyatakan bahwa hasil yang diperoleh sudah tepat.

Keywords


Berpikir Kreatif, Masalah Open Ended, Kemampuan Matematika.

Full Text:

PDF

References


Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang:UM Press.

Pratinuari, Karina dkk. 2013. Keefektifan Pendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal Of Mathematics Education.

Rohayati, Ade. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open-Ended. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 17, No 01.

Saefudin, Abdul Aziz. 2011. Proses Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar (SD) Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Terbuka. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Kencana.

Siswono, Tatag Yuli Eko dan Rosyidi, Abdul Haris. 2005. Menilai Kreativitas Siswa dalam Matematika, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2004. Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing). Konferensi Nasional Matematika XII, Universitas Udayana, Denpasar, Bali.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.

Supardi. Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3):248-262




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v3i1.335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.