PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS PENDIDIK DI DAERAH TERTINGGAL

Sri Indriati Hasanah, Hairus Saleh

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengembangkan  perangkat  pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar kegiatan siswa (LKS), lembar tugas siswa (LTS), buku petunjuk guru (BPG) dan buku siswa (BS) pada materi pengerjaan hitung bilangan bulat melalui kegiatan lesson study. Dari hasil uji coba di SDN Sumedangan III diperoleh dengan kevalidan BPG sebesar 3,71 ; kevalidan buku siswa sebesar 3,615 ; kevalidan RPP sebesar 3,525 ; kevalidan LKS sebesar 3,51 ; kevalidan kuis sebesar 3,44 ; kevalidan LTS valid digunakan tanpa revisi. Artinya perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi yang berarti perangkat pembelajaran telah dinilai praktis. Perangkat pembelajaran yang digunakan juga memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi: aktifitas guru efektif dengan kriteria sangat baik, aktifitas siswa efektif dengan kriteria sangat baik, respon siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis lesson study menggunakan model kooperatif tipe STAD dalam kategori positif, dan hasil belajar secara klasikal tuntas, dengan syarat aspek 4 dipenuhi yaitu 85,7%. Dari hasil uji coba di SDN Blumbungan VI diperoleh kevalidan RPP 1 sebesar 3,498 dan RPP 2 sebesar 3,52; kevalidan buku petunjuk guru sebesar 3,51 ; kevalidan buku siswa sebesar 3,55 ; LTS dikategorikan valid ; kevalidan LKS 1 sebesar 3,49 dan LKS 2 sebesar 3,38. Yang berarti perangkat tersebut telah valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi yang berarti perangkat pembelajaran tersebut telah dinilai praktis. Perangkat pembelajaran yang digunakan juga memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi: aktifitas guru memenuhi kriteria efektif untuk RPP 1 sebesar 3,25 dan RPP 2 sebesar 3,3125; aktifitas siswa memenuhi kriteria efektif untuk RPP 1 sebesar 3,2 dan RPP 2 sebesar 3,4; respon siswa positif dan hasil belajar memenuhi kriteri ketuntasan secara klasikal sebesar 85,7%.

Keywords


engembangan perangkat, lesson study, profesionalitas pendidik.

Full Text:

PDF

References


Budiman, Daniar. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Resiko (Realistic Mathematic Education Setting Kooperatif) Pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Senilai di Kelas VII Mts Almuawannah Sidoarjo.Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Fauziyah, Nur. 2004. Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Fungsi di SLTP Muhammadiyah Gresik dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Tesis Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa.

Ibrohim. 2011. Lesson Study untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik, Hasanah, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kualitas Pembelajaran dan Perkembangannya di Indonesia. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Lesson Study di UNTAD Palu, 28 Oktober 2011.

Jeane, Cathy. 2007. Lesson Study As A Form of Profesional Development for Teaching and Learning Mathematics. A Dissertation, New Mexico State University.

Lewis, Catherine C. 2002. Lesson Study : A Handbook of Teacher-led Instructional Change. Philadelphia, PA : Research

for Better Schools, Inc.

Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v2i2.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.