PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PBL BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Devi Lutfitasari, Haryati Ahda Nasution, Ramadhani Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematis dan minat belajar siswa melalui model pembelajaran PBL berbasis etnomatematika pada materi bangun datar. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan true exsperimenal dimana dalam penelitian ini diambil dua kel;as yaitu kelas eksperimen dan kelas titit sebagai perbandingan. Penelitian ini menggunakan uji-t sebagai uji instrumen penelitian, hasil uji-t menunjukkan thitung > t tabel pada tingkat signifikansi 5% atau 0,05 (3,464 > 2,008), sehingga hipotesis alternatif H a diterima dan H 0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada mareri bangun datar melalui penerapan model Problem Based Learning yang berbasis etnomatematika.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL, Etnomatematika



DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v11i1.2710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.