REPRESENTASI SEMIOTIK SISWA DALAM MENGONSTRUKSI KONSEP KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN SEGITIGA BERDASARKAN TEORI DIENES

Arsuti Arsuti Vizha, Fatqurhohman Fatqurhohman, Christine Wulandari Suryaningrum

Abstract


Representasi diartikan sebagai salah satu komponen penting dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep matematika. Representasi semiotik membantu siswa memahami konsep matematika melalui tanda, simbol, dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi semiotik siswa dalam mengkonstruksi konsep segitiga berdasarkan teori Dienes pada materi kongruensi dan simetri. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VII-C SMPN 4 Jember. Data dikumpulkan melalui LKPD, wawancara, dan observasi. Subjek dalam penelitian ini berdasarkan pencapaian indikator representasi semiotik yaitu ikonik, simbolik, dan indeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap bermain bebas, bermain aturan, dan kesamaan sifat, ketiga subjek menampilkan representasi ikonik. Pada tahap representasi dan simbolisasi, ketiga subjek mampu menampilkan 3 bentuk representasi semiotik yaitu ikonik, simbolik, dan indeks. Selanjutnya, pada tahap formalisasi semua subjek telah mencapai representasi semiotik simbolik dan indeks, meskipun dua subjek diantaranya masih melakukan kesalahan dalam penulisan perbandingan sisi.


Keywords


Semiotic Representation, Constructing Concepts, Equivalence and Conformity, Dienes Theory.

Full Text:

PDF

References


Ainiyyah, Q., Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). Permainan Tradisional Uthik Mendukung Perkembangan Keterampilan Mengukur Satuan Tidak Baku. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(4), 22–28.

Andriliani, L., Amaliyah, A., Putry Prikustini, V., & Daffah, V. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169–1178.

Atikah, & Kuswendi, U. (2022). Pembelajaran Pecahan Senilai Melalui Teori Dienes Di Kelas Iv Sdn 195 Isola Kota Bandung. Journal of Elementary Education, 05(03), 602–609.

Choiriyaza, A. E., Kadir, K., & Fatma, M. (2021). Pemodelan Matematika: Dapatkah Autograph Meningkatkan Representasi Semiotik Matematik Siswa? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 264–276.

Dewi, C. L., & Hakim, D. L. (2023). Representasi Semiotik Matematis Siswa SMA Dalam Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 32–34.

Fatqurhohman, Sa’dijah, C., Irawan, E. B., & Sulandra, I. M. (2020). Representation of Secondary School Students in Solving Fractions. International Journal of Innovation in Science and Mathematics, 5(6), 172–176.

Gina, N. M., Jusniani, N., & Budiman, H. (2021). Mathematical Representation Ability of Junior High School Students on Surface Area of Cube and Cuboid. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 72–82.

Lestari, R. P. H. D., Suryaningrum, C. W., & Agustina, Lady. (2021). Representasi Pada Penalaran Semiotik Dalam Mengkontruksi Konsep Persegi Panjang. Jurnal Gammath, 6(1), 63–72.

Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa Smp Kelas 8 Dan Siswa Sma Kelas 10 Dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1–7.

Lisnanur, S., & Purwasih, R. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Berdasarkan Perspektif Semiotik Peirce. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1670–1679.

Palayukan, H., & Palengka, I. (2024). Konstruksi Makna Pada Simbol Matematika Dalam Perspektif Semiotika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(5), 791–800.

Rosyadi, A. A. P. (2020). Development Of Interactive Mathematic Stories (BuCIM) Based On Dienes Theory. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 235–243.

Suryaningrum, C. W., Munandar, K., Nurul Imamah, A., & Khaulida, Y. (2023). The Investigation Of Interpretation Shift Among Elementary Students In Semiotic Reasoning For Constructing a Concept In Math. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(4), 1051–1060.

Suryaningrum, C. W., Rini, A. F. M., Agustina, Lady, & Eurika, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Representasi Semiotik Siswa Dengan Metode Guided Discovery Learning Improving Students’ Semiotic Representational Ability with Guided Discovery Learning Method. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 72–83.

Wulandari, S., & Siregar, E. D. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanderspierce: Relasitrikotomi (Ikon,Indeks dan Simbol) dalam Cerpenanak Mercusuar karya Mashdar Zainal. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 04(1), 29–41.

Yustika, A. A., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 647–658.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v11i1.2653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.