PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika berbantuan media berbasis website terhadap hasil belajar siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan rancangan post-test only control design. Hipotesis awal dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media berbasis website dengan situs Google. Hipotesis tersebut diuji menggunakan uji-z dua sampel independen, hasil uji-z menggunakan bantuan program SPSS diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yakni lebih kecil dari 0,05 dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 68,032 dan kelas kontrol sebesar 47,42. Maka keputusan ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media berbasis website dengan Google site dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika berbantuan media berbasis website dengan Google site berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
References
Abuhsin, J., & Author, C. (2022). Manajemen Pembelajaran Kelas Digital Berbasis Google Workspace for Education. In Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan (Vol. 1, Issue 1). http://kharisma.pdtii.org
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Fadia, S., & Fitri, N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Ferawati Jafar, A. (2021). Journal of Islamic Education ISSN (Vol. 3, Issue 2).
Handayani, V., Fatimah, S., Maulidiana, F., Nadia Putri, A. N., & Anjarwati, A. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH), 5(2), 125. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSH
Harefa, D., Sarumaha, M., Gee, E., Nduru, K., Nduru, M., Telaumbanua, T., Dian, L., Ndraha, M., Stkip, N., Selatan, G., & Sitoli, I. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 1. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jacobs, G., & Meng, H. C. (2021). Two Approaches for Promoting Student Centered Language Learning: Cooperative Learning and Positive Psychology. Beyond Words, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.33508/bw.v9i1.3042
Linda, D. A., Sianturi, G., Fitri, N. L., Yoeri, B., Ramadhan, P., Dewi, A. P., Octavianingrum, I., Putri, N. A., Kinasih, E., & Pramukty, R. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA/SISWI KELAS V DI DESA SRIMUKTI (Vol. 2, Issue 6).
Luh Ika Windayani, N., Teguh Hendra Putra, K., & Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, S. (2022). EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar Gebrakan Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Pendidikan Untuk Mewujudkan SDM Unggul. 3(2), 191–200. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
Mardin, H., & Nane, L. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA GURU MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN BOALEMO Training To Create And Use Google Sites As A Learning Media For Madrasah Aliyah Teachers In Boalemo District. In JURNAL ABDIMAS GORONTALO (Vol. 3, Issue 2).
Mutiara Mukti, W., Bella Puspita, Y. N., & Dyah Anggraeni, Z. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI LISTRIK STATIS (Vol. 5). https://sites.google.com/view/fisikakuyess.
Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4).
Nur Kurniawan STAI Rakha Amuntai, M., Selatan, K., & STAI Rakha Amuntai, S. (2021). PENGADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 1, 69–78.
Rahmawati, S., & Lestari, W. P. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V SD NURUL ISLAM SURABAYA.
Rikani*, I. I. T., Sarjanawiyata, U., Yogyakarta, T., & Korespondensi, P. (2021). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (6 th SENATIK) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG Semarang, 11 Agustus 2021 Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel (SPLTV) Rikani * , Istiqomah, Irham Taufiq.
Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155
Sasmita, P., Yeni, F. J., Hidayati, A., & Felicita Amsal, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Pariaman. https://youtu.be/T2-s6yY9yol
Setiawan, B., Pendidikan Matematika, P., & Persada Khatulistiwa, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Vol. 3, Issue 2).
Seto, S. B., Wondo, M. T. S., Mei, M. F., Meke, K. D. P., & Didin, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Flores. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 109–116. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2865
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Alfabeta, Ed.; 2019th ed.). Alfabeta.
Sunarni, S. and H. K. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education 5.2 .
Usdarisman, H. D. S. A. A. B. (2024). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7.
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v10i2.2563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index
Email: math@unira.ac.id
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.