PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO PINTAR (LUPIN) MENGGUNAKAN FLASHCARD UNTUK SISWA SMA KELAS X

Agnes Putri Handayani, Hanim Faizah

Abstract


Media pembelajaran perlu digunakan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung kepada siswa jenjang SMA khususnya mata pelajaran Matematika materi Barisan dan Deret, karena dapat memudahkan siswa dalam menerima materi agar tidak merasa bosan selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, peneliti mengkolaborasikan media pembelajaran permainan Ludo Pintar (LUPIN) dengan menggunakan Flashcard yang berisi soal-soal materi barisan dan deret. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan kelayakan media pembelajaran Ludo Pintar (LUPIN). Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Namun, pada penelitian ini peneliti melaksanakan hingga uji coba terbatas dengan alasan keterbatasan waktu. Berdasarkan hasil penelitian, media permainan Ludo Pintar (LUPIN) termasuk kategori sangat valid dan layak digunakan, rata-rata penilaian yang didapat sebanyak 88,4% dan 94% validasi materi, 88% dan 94% validasi tes hasil belajar, dan 97,5% dan 95% validasi media. Media permainan Ludo Pintar (LUPIN) dapat digunakan sebagai bahan ajar dan memiliki kualitas baik didasarkan pada perolehan hasil angket 93,7% respon guru, 98% respon siswa kelompok kecil dan 95% respon siswa kelompok lapangan. Keefektifan media permainan Ludo Pintar (LUPIN) juga dihitung melalui angket keaktifan siswa yang memperoleh nilai sebanyak 84,5% saat pembelajaran menggunakan media permainan Ludo Pintar (LUPIN).

Keywords


Media Pembelajaran Matematika, Ludo Pintar, LUPIN, Flashcard, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan dan Skala terhadap Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347–358. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.748

Aprilianawati, D. M., Nizaruddin, N., & Prayito, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Lectora Ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 357–363. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4865

Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 299–302.

Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2018). Integrating MATLAB in teaching linear programming at the university level. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 1(2), 84. https://doi.org/10.18860/ijtlm.v1i2.5882

Azizah, A. N., & Fitrianawati, M. (2020). Pengembangan Media Ludo Math Pada Materi Pecahan Sederhana Bagi Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4709

Faizah, H., Sugandi, E., & Susiloningsih, W. (2022a). Development of Mathematics Digital Creative ( Magic ) Book for Elementary School. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 5(1), 95–104.

Faizah, H., Sugandi, E., & Susiloningsih, W. (2022b). Development of Mathematics Digital Creative (Magic) Book for Elementary School. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 5(1), 95. https://doi.org/10.33578/jtlee.v5i1.7911

Hidayat, W. N., Damayanti, H., Pratiwi, L. S., Sutikno, T. A., & Patmanthara, S. (2020). Fun Learning with Flashcard using Augmented Reality for Learning Daily Prayers of Kindergarten Students. 2020 3rd International Conference on Computer and Informatics Engineering, IC2IE 2020, 349–354. https://doi.org/10.1109/IC2IE50715.2020.9274671

Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84

Kurniawan, D., Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita kontekstual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1–11.

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50.

Nur Fathonah, Sunyoto Hadi Prayitno, Rani Kurnia Putri, Eko Sugandi, & Sri Rahmawati Fitriatien. (2024). Pembuatan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Kurikulum Merdeka. Pancasona, 3(1), 85–94. https://doi.org/10.36456/pancasona.v3i1.8730

Prayitno, S. H., Faizah, H., Wantika, R. R., & Purwasih, S. M. (2017). Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika (D. D. Septiadi (ed.)). Unipa University Press.

Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.24

Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.89

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Satuan Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya. Jurusan Matematika, 3(3), 955–961.

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v10i2.2557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.