BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 3 JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

Putri Intan Damayanti, Dian Kurniati, Dhanar Dwi Hary Jatmiko, Nurcholif Diah Sri Lestari, Lioni Anka Monalisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa kelas XI MIPA 6 pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 siswa kelas XI MIPA 6 di SMA Negeri 3 Jember. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes berpikir kreatif dan pedoman wawancara. Kedua instrumen telah dinyatakan valid dengan  untuk instrumen soal tes dan  untuk pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan indikator fluency, flexibility, dan novelty. Pada indikator fluency siswa dapat mencetuskan banyak ide dengan lancar beragam, indikator flexibility siswa mengerjakan soal dengan banyak cara yang berbeda, dan pada indikator novelty siswa mengerjakan soal dengan cararanya sendiri.

Keywords


Berpikir Kreatif, Barisan dan Deret Aritmatika

Full Text:

PDF

References


Amelia, S. R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 247–258. https://doi.org/10.51849/ig.v2i1.19

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989

As’ari, A. R., Ali, M., Basri, H., Kurniati, D., & Maharani, S. (2019). Mengembangkan HOTS (High Order Thingking Skills) melalui Matematika (1st ed.). Universitan Negeri Malang.

Hidayah, N., Darmono, P. B., & Purwaningsih, W. I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 114–123. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2644

Khamida, A. N., Irawan, E. B., & Susanto, H. (2017). Berpikir Kreatif Siswa Impulsif. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 591–596.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET. Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187.

Shoit, A., & Masrukan. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open Ended Problem dengan Performance Assessment. Prisma, 4, 37–48. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. Zentralblatt Für Didaktik Der Mathematik, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x

Siswono, T. Y. E. (2007). Desain Tugas untuk Mengidentifikasi kemampuan berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal Online, 63, 495–509.

Siswono, T. Y. E. (2016a). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–26.

Sukmagati, P. O., Yulianti, D., & Sugianto. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Unnes PhysicsEducation Journal, 9(1), 19–26.

Wardani, Y. E., Riau, U. I., Kh, J., No, N., & Marpoyan, P. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kemampuan Akademik. 07(November), 3039–3052.

Widiastuti, S., & Imami, A. I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas XI. Prisma, 11(1), 60. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2050

Hodiyanto. (2014). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran pemecahan masalah ditinjau dari gender pada materi himpunan. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 3(1), 27–41.

Putri, Y. D. L., Sutriyono, & Pratama, F. W. (2019). Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Berdasarkan Teori Wallas. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 71–84. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.71-84

Nurjannah, N. (2020). Proses Berpikir Kreatif Siswa Smp Berdasarkan Tahapan Wallas Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq). JTMT : Journal Tadris Matematika, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.47435/jtm.v1i1.391




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v9i2.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.