EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ARGUMETASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SMP NEGERI DI KABUPATEN CIREBON

Ardi Dwi Susandi, Sudirman Sudirman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran berbasis Argumentasi dengan model pembelajaran langsung  terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Cirebon yang tediri dari 360 siswa. Adapun Sampel pada penelitian ini diambil 2 kelas dengan teknik random sampling menggunakan undian kelas, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Kelas VII A diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis Argumentasi, sedangkan kelas VII D menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes.. Untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini, digunakan uji t satu pihak  dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil uji-t  satu pihak, diperoleh bahwa thitung= 2,34 dan ttabel= 1,66. Berarti thitung > ttabel sehingga H0 ditolak, dan H1 diterima. Artinya model pembelajaran berbasis Argumentasi lebih efektif daripada model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMP N di Kabupaten Cirebon.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v9i2.2206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.