Implementasi E-Modul Kodular berbasis Kemampuan Representasi Siswa pada Materi Peluang

Choerunnisa Choerunnisa, Neneng Aminah, Sri Asnawati

Abstract


E-Modul merupakan bahan ajar yang dapat digunakan dan dipelajari melalui smartphone siswa masing-masing. Kodular adalah software ataupun website yang dapat membantu dalam pembuatan e-modul agar lebih bervariatif karena sudah dilengkapi dengan block coding. Kemampuan representasi matematis siswa penting dimiliki siswa agar siswa dapat merepresentasikan materi maupun soal yang diberikan saat pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti membuat e-modul kodular berbasis kemampuan representasi matematis ssiwa pada materi peluang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validasi dan praktikalitas e-modul serta mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi peluang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode R&D dan model ADDIE. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII pada salah satu SMP swasta yang ada di Kota Cirebon berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar praktikalitas dan soal tes kemampuan representasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan e-modul yang dibuat valid dan praktis digunakan siswa, serta untuk kemampuan representasinya digolongkan menjadi tiga kemampuan. Tiga kemampuan ini yaitu siswa berkemampuan tinggi yang memenuhi ketiga indikator, siswa berkemampuan sedang hanya memenuhi dua indikator dan siswa yang berkemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-modul kodular ini valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


E-Modul, Kodular, Kemampuan Representasi Matematis, Peluang

Full Text:

PDF

References


Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479

Aminah, N., & Irawati. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok. 3(2), 137–144.

Asmara, R. balada, & Asnawati, S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentasy pada Materi Bilangan Bulat. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 52. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i1.6100

Dwi Susanti, W., & Suripah, S. (2021). Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 78–83.

Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Of Education Review and Research, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373

Herlianus, H., & Gunadi, G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Organ Gerak Hewan dan Manusia Berbasis Android Menggunakan Kodular. Informatik : Jurnal Ilmu Komputer, 18(1), 88. https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.4605

Herlina, S., Zetriuslita, Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Kumala, A., & Winardi, S. (2020). Aplikasi Pencatatan Perbaikan Kendaraan Bermotor Berbasis Android. Jurnal Intra Tech, 4(2), 112–120.

Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa Smp Kelas 8 dan Siswa SMA Kelas 10 dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page1-7

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas E-Modul Matematika Berbasis EPUB3 Menggunakan Analisis Rasch Model. Jurnal Gantang, 5(2), 95–111. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535

Siregar, A., Sitorus, M., & Reflina. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 286–289.https://yana.web.id/index.php/relevan

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 58–72. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12667

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1011




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v9i2.2143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.