ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Lady Agustina, Lili Supardi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita bentuk pemecahan masalah segitiga dan segiempat berdasarkan Teori Newman yang terdiri dari membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan. Metode penelitian ini adalah kualitatif,Penelitian ini dilakukan pada 27 siswa kelas VII. Peneliti memberikan tes kepada 27 siswa untuk menentukan apakah ada kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita bentuk pemecahan masalah segitiga dan segiempat. Berdasarkan hasil tes yang sudah diperiksa dan dianalisis, peneliti membagi 27 siswa tersebut kedalam 3 kelompok yaitu kelompok siswa dengan kesalahan tinggi (banyak), kelompok siswa dengan kesalahan sedang, dan kelompok siswa dengan kesalahan rendah (sedikit). Dari masing-masing kelompok, dipilih masing-masing 2 siswa untuk di wawancarai untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dan sebagai bahan unuk proses keabsahan data agar data lebih valid. Penelitian ini menghasilkan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan pada kelompok kesalahan tinggi (banyak). Kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan penulisan pada kelompok kesalahan sedang. Kesalahan transformasi dan keterampilan proses terjadi pada kelompok kesalahan rendah (sedikit).

Keywords


Analisis Kesalahan, Segitiga dan Segiempat, Teori Newman

Full Text:

PDF

References


Amalia, SR. (2017). Analisis Kesalahan Berasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma. 8(1). 17-30

Aini, S. D., Zayyadi, M., & Hasanah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkemampuan Matematika Rendah Berdasarkan Gender. KadikmA, 12(3), 96-107.

Lanya, H., Moh, Z., Yuniarti, H., & Sawitri, D. S. L. (2022). Newman Error Analysis dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 108-127.

In’am, A. (2014). The Implemention of the Polya Method in Solving Euclidean Geometry Problems. International EducationStudies. 7(7). 149-158

Nurussafa’at, F.A., dkk. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Schematic Model For Error Analysis. Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4(2). 174-187.

Ozkan, M&Bal, AP. (2017). Analysis of the Misconceptions of 7th Grade Student on Polygons and Spesific Quadrilaterals. Eurasian Journal of Educational Research. 67. 161-182

Rahardjo, Marsudi dan Astuti Waluyati. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Salman, MF. (2002). Types of Errors Commited in Word Problem Solving by Cocreteand Formal Operational Junior Secondary School Student Mathematics Students. Retrieved April 5, 2015

Singh, P, Rahman, AA, &Sian,H,T. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Task: A Malaysian Perspective. Procediaon International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010, 8(2010): 264-171

Sukoriyanto;Nusantara,T;Subanji&Chandra,TD. (2016). Students Erors in Solving the Permutation and Combination Problems Based on Problem Solving Steps of Polya. International Education Studies. 9(2). 11-16

Songsaen, S., Kotchasit, Boonchird, S., Pinyoanuntapong, B. and Pichayakul, T. (2014). The development of critical thınkıng for early childhood education students through maple instructional model. Journal of Graduate Studies Valaya Alongkorn Rajabhat University, 8(3),110-129.

Wongsila, S. & Yuenyong, C. (2019). Enhancing Grade 12 Students’ Critical Thinking and Problem-Solving Ability in Learning of the STS Genetics and DNA Technology Unit. Journal for the Educationof Gifted Young Scientists, 7(2), 215-235.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v8i2.1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.