IMPLEMENTASI TEKNIK VISUAL THINKING BERBASIS PENGOPTIMALAN FUNGSI OTAK KANAN DALAM PENCAPAIAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Ramlah Ramlah, Rina Marlina

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menelaah implementasi teknik visual thinking berbasis pengoptimalan fungsi otak kanan dalam pencapaian komunikasi matematis siswa SMP. Serta untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas komunikasi matematis. Penelitian dengan desain grup non-ekivalen kepercobaan-kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di dua SMP Negeri KecamatanKarawang Barat.Ukuran sampel untuk setiap grup pembelajaran adalahn = 54 siswa.Instrumen tes komunukasi matematis berupa soal uraian.Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa pencapaian komunikasi matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan teknik visual thinking dengan mengoptimalkan fungsi otak kanan lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

Keywords


Komunikasi Matematis, Teknik Visual Thinking, dan Fungsi Otak Kanan.

Full Text:

PDF

References


Ariawan, R. (2016). Pengaruh Pendekatan PembelajaranVisual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Terhadap Kemampuan Komunikasi

Matematis. Suska Journal of Mathematics Education, 2 (1), 20 – 30. 2016.

Caryono, S. Dan Suhartono. (2012). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Matematika Di SMA N 8 Purwerejo : Pemakalah. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for Behaviour Sicences. Lawrence Erlbaum Associates, Publishers, New Jersey, USA.

Depdiknas. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran matematika. Depdiknas, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Hamalik, O. (2000). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Makmun, Syamsuddin, Abin, (2003). Psikologi Kependidikan. Cet. Ke-6, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mullis, I. V.S., Martin, M. O., Foy, P., and Arora, A. (2012).Timss 2011 International Results in Mathematics. International Association for the

Evaluation of Educational Achievement (IEA) : Amsterdam, the

Netherlands.

NCTM, (2000).Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Saputra, E. Wahyudin, Nurlaelah,E. (2012). “Pengaruh Penggunaan Model

Pembelajaran Anchoered Instraction Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self- concept Siswa”.Jurnal Pendidikan Sigma Didaktika, 1(1), 2012.

Shicida, M. (2013). Misteri Otak Kanan. Cet. Ke-3, Jakarta:PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Surya, E. (2010). Visual Thinking Dalam Memaksimailkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter BangsaJurnal.Upi.edu/file/Edi_S.pdf.

Surya, E. Sabandar, J. et all. (2013).Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Matematical problem Solving by CTL. Jurnal On Mathematics Education (IndoMS- JME), 4 (1), 113-126.Palembang : IndoMS.

Yonandi (2010). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan komputer pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi pada PPs UPI: Bandung, tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v2i2.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.