ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE

Hanifa Dina Aulia Dewi Umbara, Nanang Priatna

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan matematis yang perlu dikembangkan karena dapat menentukan hasil belajar matematika yang diraih oleh siswa. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, siswa harus memiliki sikap yakin dan percaya akan kemampuannya sendiri. Dalam hal ini self-confidence dibutuhkan oleh siswa untuk mengaktualisasikan kemampuan berpikir kritis yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada masing-masing kategori self-confidence. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas XI di salah satu SMK di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang sudah mempelajari materi logika matematika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki self-confidence tinggi mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan selalu merasa percaya diri dengan kemampuan matematis yang dimiliki. Siswa yang memiliki self-confidence sedang mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan cenderung ragu serta takut melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal matematika. Siswa yang memiliki self-confidence rendah hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan cenderung tidak merasa yakin ketika menyelesaikan soal matematika dan tidak memahami materi secara utuh.


Keywords


Kemampuan berpikir kritis matematis; Self-confidence

Full Text:

PDF

References


Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153.

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 323–328.

Ega Gradini. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 6(2), 189–2013.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Hasannah, N. A. (2020). Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa SD Kelas III. Universitas Pendidikan Indonesia.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano, 5(2), 157–169.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Retrieved April 19, 2022, from KBBI Daring website: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/matematika

Khair, S. N., & Soleh, H. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 311–321.

Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 239–246.

Mu’arif, A. N., Andriyansah, R., Nataliasari, D., Rahmin, S., Kurniawati, S., & Darmadi. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 67–71.

Munira, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas IV Min 25 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusslam Banda Aceh.

Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Edumatica, 8(1), 58–66.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Pebianto, A., Gunawan, G., Yohana, R., & Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Journal on Education, 1(3), 9–20.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In CV. Alfabeta.

Tresnawati, Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 116–122.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v8i1.1690

Refbacks



Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.