Analisa Kualitas Pekerjaan Dinding Dengan Bata Merah dan Bata Ringan (Studi Kasus : Perumahan Type 46 Di Kabupaten Pamekasan)

Dedy Asmaroni

Abstract


Abstrak : Perencanaan bangunan, tidak lepas dari elemen vertikal yang disebut juga dinding. Pada umumnya suatu bangunan sering direncanakan menggunakan dinding batu bata merah. Akan tetapi akhir-akhir ini muncul alternatif baru pengganti bata merah sebagai dinding yaitu berupa batu bata ringan, baik pada bangunan tingkat tinggi atau bangunan sederhana. Inovasi bata ringan ini digunakan karena lebih cepat dan lebih murah namun memiliki kekurangan dari segi mutu dan ketahanan jika dibandingkan dengan bata merah. Berdasarkan uraian tersebut, tujuan peneliti ini adalah untuk mendapatkan analisa kualitas pekerjaan dinding bata merah dan bata ringan serta mengetahui faktor yang paling dominan antara penggunaan bata ringan dan bata merah pada perumahan type 46 di Pamekasan. Dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) dapat membandingkan nilai koefisien beta masing- masing variabel dapat diketahui variabel metode pelaksanaan memiliki nilai koefisien beta terbesar yaitu 0,380.  Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa Kelima variabel berpengaruh terhadap variabel (Y) yaitu kualitas pekerjaan. Kualitas bata ringan lebih bagus digunakan pada pasangan dinding pembangunan perumahan. Faktor yang paling dominan pengaruhnya dalam pekerjaan dinding terhadap pembangunan perumahan type 46 di Pamekasan adalah metode pelaksanaan dengan nilai beta sebesar 0,380.


Keywords


Batu Bata Merah, Batu Bata Ringan, Kualitas Pekerjaan Dinding

Full Text:

PDF

References


Abdurrohmansyah, Adha, I., dan Ali, H. 2015. Studi Kuat Tekan Batu Bata Menggunakan Bahan Additive Berdasarkan Spesifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). JRSDD, 3(3): 541-552.

Aditha, M. 2010. Perhitungan Harga Satuan Dinding Bata Ringan dengan metode SNI dan Ms. Project pada Proyek Gedung Laboratorium Terpadu Universitas Brawijaya. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Dharmayanti, G.A.P Candra, Sudipta, I. Gusti Ketut, dan Saputra, G. Tusan. 2016. Analisis Perbandingan Biaya dan Waktu Pekerjaan Dinding Menggunakan Bata Merah Dengan M-Panel. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 20(2): 119-126.

Manto, J. 2012. Mengidentifikasi Durasi dan Tenaga Kerja Berdasarkan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) pada Perncanaan Villa Damai. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknik Bina Taruna Gorontalo. Gorontalo.

Nazir, M. 1983. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Rahman, A. 2011. Perbandingan Estimasi Biaya Metode SNI dan BOW pada Proyek Pembangunan Gedung Joang. Skripsi. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Samarinda.

Santoso, S. 2006. Menguasai statistic di era informasi dengan SPSS 14. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

SNI 15-2094-2000. Bata Merah Pejal untuk Pasangan Dinding.

SNI 03-0349-1989. Bata Beton Untuk Pasangan Dinding.

Susanto, D. Oni, Nurcahyo, C. Bintang, dan Putri, Y. Eka. 2014. Perbandingan Penggunaan Material Batu Bata Merah dengan Bata Ringan I-CON akibat Perubahan Desain Struktur Ditinjau dari Biaya dan Waktu : Studi Kasus Gedung Rektorat dan IT Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Teknik Pomits, 3(2): 1-7.

Sugiyono. 2002. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Walpole, Ronald E. 1995. Pengantar Statistik. Edisi ke-3. Jakarta: PT. Gramedi Pustaka Utama

Wahyuningsih, S. 2018. Motivasi Tenaga Kerja Wanita Bekerja Di Bidang Proyek Konstruksi. Skripsi. Universitas Madura Pamekasan.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v5i1.857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats