ANALISIS PERKUATAN STRUKTUR GEDUNG PASCA KEBAKARAN DENGAN PENAMBAHAN PROFIL SIKU SEBAGAI PERKUATAN STRUKTUR BALOK

Yanisfa Septiarsilia, Jaka Propika

Abstract


Beton yang mengalami kebakaran pada suhu diatas 200°C dapat menyebabkan mutu beton mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan penurunan kekuatan struktur. Masalah ini dapat diselesaikan dengan perkuatan struktur yaitu dengan penambahan profil untuk perkuatan struktur balok pasca kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kekuatan struktur balok pasca kebakaran dengan penambahan profil siku. Hasil analisis yang dilakukan bahwa nilai momen nominal balok pasca kebakaran pada suhu 900°C dengan durasi 3 jam pada beton dan 2 jam pada baja tulangan sebelum penambahan profil siku menunjukan nilai momen nominal Mn = 7161,7 Kg.m  Mu = 8231 kg.m pada balok 1 (ekterior) dan Mn = 7891,8Kg.m  Mu = 8096,41 kg.m pada balok 1 (interior). Setelah penambahan profil siku dengan dimensi profil L65x65x7 pada balok pasca kebakaran menunjukan nilai momen nominal mengalami kenaikan dengan Mn = 24927,03 kg.m  Mu = 8096,41.kg.m pada balok 1 (interior) dan Mn = 16449,5 kg.m   Mu = 8231 kg.m pada balok 1 (eksterior).


Keywords


Kebakaran, Penurunan, Beton dan Baja Tulangan Perkuatan, Profil Siku

Full Text:

PDF

References


Ahmad, dkk. 2006. Tinjuan Kelayakan Forensik Engineering Dalam Menganalisis Kekuatan Sisa Bangunan Pasca Kebakaran. Makasar : Laporan Penelitian Dosen Muda Jurusan Sipil Dan Perencanaan Fakultas Teknik – Universitas Negeri Makasar.

Bayuasri T, dkk. 2006. Perubahan Perilaku Mekanis Beton Akibat Temperatur Tinggi. Semarang : Laporan Tugas Akhir Magister Teknik Sipil – Universitas Diponegoro.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta. 2017. Statistik Kebakaran Berdasarkan Penyebab.

Priyosulistyo, H. 2002. Teknologi Beton Pasca Kebakaran. Yogyakarta : Prosiding Seminar Nasional Teknologi Beton Dan Software Untuk Perencanaan Bangunan Sipil, Pusat Studi Ilmu Teknik – Universitas Gajah Mada.

Suhendro, B. 2000. Analisis Degradasi Kekuatan Struktur Beton Bertulang Pasca Kebakaran. Yogyakarta : Makalah – Universitas Gajah Mada.

Tjokrodimulyo K. 2000. Pengujian Mekanik Laboratorium Beton Pasca Bakar. Yogyakarta.

Turnip, J. M. 2014. Perkuatan Struktur Beton Bertulang Pasca Kebakaran (Studi Kasus Gedung Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara). Medan : Laporan Tugas Akhir Progam Studi Teknik Sipil – Universitas Sumatera Utara.

Wiyono D, R dan Trisina W. 2013. Analisis Lendutan Seketika Dan Lendutan Jangka Panjang Pada Struktur Balok. Bandung: Jurnal Teknik Sipil. Vol. 14 (1) :1-83.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v4i1.623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats